Gendong Lawan, Atlet Wushu Asal Iran Tuai Pujian

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 28 Agu 2018, 11:30 WIB
Diperbarui 28 Agu 2018, 11:30 WIB
Foto Pilihan Asian Games 2018

 

Liputan6.com, Jakarta Tak banyak yang tahu, sebuah kejadian menarik terlihat di pertandingan cabang olahraga wushu sanda (tanding) Asian Games 2018. Atlet asal Iran, Erfan Ahangarian, menggendong lawannya yang terluka setelah dirinya diumumkan memenangi pertandingan tersebut.

Pada Rabu, 22 Agustus 2018 malam, atlet wushu sanda Asian Games 2018 Erfan Ahangarian tidak hanya meraih emas di kategori 60 kilogram. Namun, dia juga memenangi hati penonton dengan apa yang dia lakukan saat melawan atlet asal India, Surya Bhanu Pratap Singh.

Mengutip dari Mensxp, Selasa (28/8/2018), Ahangarian dan Singh bertemu di semifinal setelah Bhanu Pratap berhasil mengalahkan atlet Filipina Jean Claude Saclag. Namun, Ahangarian menjadi lawan yang tangguh di Asian Games 2018.

Surya Pratap Singh dilaporkan mengalami cedera pada pergelangan kaki dari pertarungan sebelumnya. Saat itu, dia jatuh dengan posisi yang tidak benar di atas matras. Setelah mendapatkan istirahat dan perawatan medis, Pratap terus bertarung melawan Ahangarina.

Namun, atlet India tersebut harus mengakui kemenangan Ahangarian di semifinal wushu sanda 60 kilogram.

Singh bahkan tidak bisa berjalan dengan benar ketika wasit mengumumkan kemenangan atlet Iran. Melihat lawannya tertatih-tatih akibat cedera dan memar, Ahangarian segera mengangkatnya dan membawanya ke bangku atlet India.

* Update Terkini Jadwal Asian Games 2018, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Asian Games 2018 dengan lihat di Sini

2 dari 2 halaman

Memenangkan Emas

Kejurnas Wushu, Test Event Asian Games 2018, Sport Mall Kelapa Gading
Atlet Wushu nomor Sanda beraksi pada Kejuaraan Nasional Wushu di Sport Mall Britama Arena Kelapa Gading,Jakarta, Sabtu, (28/10/2017). Ajang tersebut juga sebagai test event Asian Games XVIII 2018. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Sikap itu membuat komentator kagum. Sementara, para penonton di JIExpo Kemayoran Hall-B tidak bisa berhenti bertepuk tangan dan bersorak untuk aksi sportivitas pemain Iran tersebut.

Ahangarian berhasil meraih medali emas setelah menghadapi Xuetao Wang di pertandingan final. Sementara, Singh mendapatkan medali perunggu bersama dengan Van Y Nghiem asal Vietnam.

Di cabor wushu sanda, atlet Indonesia Puja Riyaya berhasil memperoleh medali perunggu di kategori 70 kilogram dan Yusuf Widianto juga mendapatkan medali yang sama di nomor 56 kilogram.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓