Sukses

Bahan Pangan Lokal Penghasil MPASI Bergizi dan Murah

Makanan pendamping air susu ibu (MPASI) bisa didapat dari bahan pangan lokal yang harganya relatif murah dan tentu saja bergizi.

Liputan6.com, Jakarta Orangtua tetap bisa memberikan makanan pendamping air susu ibu (MPASI) yang murah dan bergizi kepada buah hati. Ada banyak bahan lokal yang bisa diolah menjadi MPASI bergizi, termasuk ketika dalam kondisi bencana.

"Melalui bencana ini kita belajar untuk ke alam, termasuk dalam pemberian makan dan bayi. Kita belajar mengolah makanan yang sehat yang murah dan bergizi dengan bahan lokal, bukan makanan yang yang dibuat oleh industri sebagai ultra processed food," kata dokter Tan Shot Yen saat hadir di hadapan para orangtua yang memiliki anak di bawah dua tahun di Dusun Sajang, Nusa Tenggara Barat, beberapa saat lalu seperti dikutip dari keterangan pers yang diterima Health Liputan6.com pada Selasa, 28 Agustus 2018.

Di Lombok, kata Tan, ada beberapa bahan lokal yang mudah ditemukan, seperti jagung, ubi ungu, kacang komak, bayam, dan buah-buahan.

"Sering kali bahan makanan ini dianggap biasa saja, tapi sebetulnya nilai gizinya sangat tinggi," kata Tan kepada Health Liputan6.com.

Tan mengimbau, pastikan saat mengolah MPASI, di dalamnya terdapat makanan empat bintang, yaitu makanan mengandung sumber karbohidrat, protein hewani, protein nabati, serta sayur dan buah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Olah MPASI yang Tepat

Ketika sudah memiliki sumber bahan pangan lokal, jangan sampai salah dalam tingkat kehalusannya. Pastikan sesuai dengan usia buah hati.

"Pengolahannya disesuaikan dengan umur anak, yakni enam sampai sembilan bulan dibuat bubur saring, sembilan sampai 12 bulan dibuat tim atau dicincang. Untuk di atas 12 bulan dibuat seperti makanan dewasa," Tan menambahkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini