Lebih Sehat Mandi Pagi atau Malam Hari?

Oleh Liputan6.com pada 27 Agu 2018, 08:00 WIB
Diperbarui 27 Agu 2018, 08:00 WIB
Spon Mandi
Perbesar
Ilustrasi Mandi (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Mandi tak hanya menyegarkan tubuh, melainkan juga menjaga dari serangan penyakit, utamanya penyakit kulit. Biasanya, orang mandi dua kali sehari, pagi dan sore atau malam hari. Tapi, di antara dua waktu mandi itu, kira-kira mana ya yang lebih baik dan memberi manfaat paling besar?

Antara mandi di pagi dan malam hari, dilansir dari Real Simpel.com, ternyata mandi di malam hari punya manfaat lebih baik dalam hal mempermudah tidur. Dikatakan Elizabeth Culnan, PhD, Postdoctoral Behavioral Sleep Medicine di Rush University Medical Center, "Mandi di malam hari mampu membantu meningkatkan kualitas tidur dan membantu tidur lebih cepat."

Lebih tepatnya, mandi 1,5 jam hingga 2 jam sebelum tidur dengan mampu membuat tubuh hangat sekaligus segar yang mana memberikan efek relaksasi dan membuat orang lebih cepat mengantuk dan tertidur. Ketika cuaca panas, mandi air dingin di malam hari mampu meningkatkan kualitas tidur. Ketika cuaca dingin, mandi air hangat juga memberi efek yang sama.

Sedangkan untuk mandi di pagi hari sendiri belum banyak penelitian yang menunjukkan manfaatnya, ladies. Meski begitu mandi di pagi hari bisa memberikan perasaan segar dan bersemangat menjalani aktivitas sehari-hari, dan yang paling penting tentunya menjaga kebersihan dan menyingkirkan bau badan.

Reporter: Febi Anindyakirana

Sumber: Vemale.com 

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

 

Tag Terkait