Sukses

Haruskah BAB Setiap Hari agar Sehat?

Selama ini, anggapan yang umum beredar adalah kita wajib buang air besar (BAB)

Liputan6.com, Jakarta Selama ini, anggapan yang umum beredar adalah kita wajib buang air besar (BAB) setiap hari agar tubuh sehat. Sementara, ada individu yang mempunyai kebiasaan BAB setiap dua hingga empat hari sekali. Sehatkah kebiasaan itu?

Rupanya anggapan wajib BAB setiap hari agar sehat tidaklah sepenuhnya benar. Sebuah studi yang dipublikasikan di Scandinavian Journal of Gastroenterology menyebutkan, sebaiknya memang manusia buang air besar setiap hari, tetapi frekuensinya tidaklah pakem. Ada yang satu hingga tiga kali sehari. Namun jika Ladies tidak BAB tiap hari pun, sebetulnya tidak masalah.

Dilansir dari WebMD, sepanjang Ladies merasa nyaman, BAB tidak perlu dipaksakan harus setiap hari. Ada yang sekali atau dua kali seminggu.

Yang dipentingkan bukanlah frekuensinya, melainkan kualitasnya. Bagaimana tekstur, bentuk dan warnanya, itu lebih penting untuk memantau kesehatan pencernaan dan kesehatan tubuh secara umum. Kimberly Snyder, seorang ahli gizi mengatakan, "Apakah pup Anda keras atau lunak, sebaiknya tinjau ulang asupan serat dan air yang Anda konsumsi. Tekstur pup lebih penting dibandingkan frekuensi."

Pada dasarnya, BAB adalah sistem tubuh untuk menghilangkan racun dalam tubuh. Meski tiap orang berbeda-beda frekuensinya, tetapi jika frekuensi BAB Ladies terbilang jarang, misalnya seminggu lebih hanya sekali, segeralah berkonsultasi ke dokter. Karena bagaimana pun juga pup merupakan 'ampas' yang berbahaya bagi kesehatan.

Reproter: Winda Carmelita

Sumber: Vemale.com 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.