Sukses

Lakukan Hal Ini Saat Kram Otot Kram Menyerang

Kram otot itu terjadi kontraksi pada otot bagian tubuh tertentu yang timbul secara mendadak dan involunter.

Liputan6.com, Jakarta Kram otot membuat Anthony Ginting harus menyerah dari Shi Yuqi di laga final beregu bulu tangkis Asian Games kontra Tiongkok pada Rabu (22/8). Kram otot membuat Ginting sulit berjalan, sampai-sampai harus ditandu keluar lapangan.

Menurut dokter Nitish Basant Adnani BMedSc dari KlikDokter, kram otot seperti yang dialami oleh Anthony Ginting merupakan kondisi saat terjadi kontraksi pada otot bagian tubuh tertentu yang timbul secara mendadak dan involunter. Hal ini tentu dapat menyebabkan rasa nyeri yang mengganggu aktivitas.

Jika Anda mengalami cedera seperti kram otot yang diderita Anthony Ginting, itu bisa diredakan dengan cara langsung melakukan peregangan dan pemijatan otot pada lokasi di kram terjadi.

Lalu, menurut dokter Alvin Nursalim dari KlikDokter, mengonsumsi pisang juga bisa meredakan kram otot. Pisang bermanfaat untuk meredakan kram karena kandungan kalium di dalam pisang.

 

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kompres

Cara lain yang bisa digunakan untuk meredakan kram otot adalah dengan mengompres bagian yang kram. Kompres yang dilakukan pada bagian otot yang mengalami kram, bisa menggunakan air hangat atau air dingin. Cara ini bisa membuat otot sedikit meregang dan meminimalkan rasa nyeri.

Selain itu, setelah Anda kram dan ingin mencoba berdiri, pastikan rasa nyerinya sudah berkurang. Berdirilah, dan gerak-gerakkan kaki Anda secara perlahan. Jika belum mampu berdiri tegak, Anda bisa bertumpu pada dinding.

Cara pencegahan lain yang tidak kalah pentingnya adalah dengan minum air putih. Konsumsi air putih yang cukup bisa menjadi pereda sekaligus pencegah kram yang cukup ampuh.

Selain mengatasi kram otot, seseorang juga dapat menghindari terjadinya kram otot dengan menerapkan langkah-langkah pencegahan yang tepat.

Hal yang perlu Anda terapkan adalah melakukan peregangan dan pemanasan sebelum beraktivitas olahraga. Di samping itu, jagalah status hidrasi tubuh Anda agar selalu stabil dengan mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup setiap harinya.

 

 

Penulis: Krisna Octavianus Dwiputra

Sumber: Klikdokter.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.