Alasan Pengunjung Asian Games 2018 Harus Lebih Rajin Cuci Tangan

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 24 Agu 2018, 16:00 WIB
Diperbarui 24 Agu 2018, 16:00 WIB
Foto Pilihan Asian Games 2018

Liputan6.com, Jakarta Para atlet, official, penonton dari dalam dan luar negeri yang berpartisipasi dalam ajang Asian Games 2018 diharapkan sering mencuci tangan dengan air dan sabun. Hal ini perlu dilakukan demi menjaga kesehatan diri dari penyakit yang ditimbulkan dari makanan dan minuman.

Mengutip dari pedoman yang ada di laman Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Depkes.go.id pada Jumat (24/8/2018), risiko timbulnya penyakit dari makanan dan air bisa meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah orang yang mengonsumsi makanan dari penjaja makanan komersial selama kegiatan berlangsung.

"Pemerintah daerah sudah memiliki sistem kontrol dan pemantauan makanan yang berjalan baik. Namun, pengunjung juga harus menjaga kebersihan diri," tulis imbauan dalam laman tersebut.

Hal ini harus dilakukan sebagai tindakan pencegahan pribadi demi mencegah penyakit yang disebabkan oleh makanan dan minuman siap saji.

Selain itu, disarankan agar para wisatawan Asian Games juga mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Pembersih tangan juga harus digunakan sebelum dan sesudah mengambil serta mengonsumsi makanan.

Makanan yang dikonsumsi oleh pengunjung Asian Games juga harus matang dan disimpan dalam wadah yang bersih, aman, serta berada di suhu yang direkomendasikan. 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

 

2 dari 2 halaman

Tidak Minum Air Keran

VIETNAM VS BAHRAIN
Pemain Bahrain, Mohamed Hardan, dikawal tiga pemain Vietnam pada babak 16 besar Asian Games di Stadion Patriot, Jawa Barat, Kamis (23/8/2018). ANTARA FOTO/INASGOC/Charlie/Sup/18

Sebelum makan buah-buahan, pastikan buah sudah dicuci, direndam, serta dikupas. "Jika dimakan mentah, dianjurkan untuk meminimalkan paparan insektisida, kontaminasi bakteri dan parasit," tambah laman tersebut.

Selain itu, masyarakat juga harus menghindari konsumsi buah-buahan berkulit rusak.

Bagi para pengunjung yang berasal dari luar negeri diinformasikan bahwa air keran di Indonesia umumnya tidak aman untuk diminum. Terutama yang ada di kota-kota besar. Sehingga, disarankan untuk mengonsumsi air minum kemasan dan air mineral yang ada di dispenser yang disediakan secara resmi.

Walaupun begitu, segel kemasan juga harus selalu diperiksa untuk memastikan keamanan. Apabila diragukan, air harus dimasak hingga mendidik sebelum diminum. 

 

Simak juga video menarik berikut ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓