Sukses

Cara Menyimpan Daging Sapi di Kulkas

Daging mentah pada dasarnya cukup aman dikonsumsi hanya sampai tiga hari kalau Anda simpan di refrigerator atau kulkas.

Liputan6.com, Jakarta Cara menyimpan daging sapi di kulkas tidaklah sulit. Daging mentah pada dasarnya cukup aman dikonsumsi hanya sampai tiga hari kalau Anda simpan di refrigerator atau kulkas. Namun, bila berencana menyimpannya untuk waktu lama, membekukannya merupakan strategi yang tepat.

Seperti dikutip dari healthline, Kamis (23/8) sebelum membekukannya, masukkan daging mentah yang sudah bersih ke dalam plastik kedap udara, baru dimasukkan ke freezer atau dibekukan. Langkah ini bisa membuat daging awet selama beberapa bulan.

Seberapa lama Anda bisa mengawetkan daging tergantung dari temperatur penyimpanan (kulkas) yang Anda pakai. Namun, pada umumnya tempat penyimpanan (pembekuan) sebaiknya sekitar 0 derajat Fahrenheit atau -17,8 derajat Celsius. Suhu seperti ini dapat mempertahankan kesegaran daging dan gizi di dalamnya. Buatlah refrigerator/ kulkas atau penyimpanan yang Anda miliki berada dalam suhu 34 derajat Fahrenheit atau sekitar 1,1 derajat Celsius.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sebelum Disimpan

Sebelum menyimpan daging kurban dalam kulkas, ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan. Yuk, kita simak penjelasannya satu per satu di sini.

Jangan Dicuci

Mungkin kita berpikir kalau daging harus dicuci terlebih dahulu sebelum disimpan. Tapi sebaiknya tidak dicuci. Kenapa? Karena kalau dicuci, kuman-kuman bisa masuk ke dalam pori-pori daging. Kualitasnya pun jadi rusak. Lebih baik dicuci kalau pas sudah siap mengolahnya saja.

Daging Dipotong Dulu

Siapkan plastik-plastik kecil, ukuran 1/2 atau 1 kg. Lalu, potong-potong daging terlebih dahulu untuk dimasukkan dalam kantong-kantong plastik tersebut. Plastik yang digunakan yang bening atau transparan, jangan pakai kresek hitam, ya.

Nanti ketika butuh daging untuk dimasak, kita tinggal mengambil potongan sesuai dengan kebutuhan kita dan sisa daging bisa tetap beku dan terjaga kualitasnya. Lebih mudah dan praktis juga, kan?

Simpan dalam Kulkas Selama 4-5 Jam

Sebaiknya memang daging tak langsung dimasukkan dalam freezer. Simpan dulu dagingnya di dalam kulkas yang sejuk selama sekitar 4-5 jam. Nanti kalau sudah dingin, baru dimasukkan dalam freezer.

Tips Tambahan:

Ketika akan mencairkan daging, jangan menggunakan air panas, ya. Letakkan daging beku yang masih terbungkus plastik di bawah air kran. Baru ketika daging sudah empuk, plastik bisa dibuka, dan daging baru dicuci bersih. Setelah ditiriskan, daging siap untuk diolah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.