Sukses

Banyak Korban Gempa Lombok Sakit, Wahana Visi Indonesia Kirim Dokter

Dokter dan ahli gizi datang membantu memberikan pendampingan kepada korban gempa Lombok.

Liputan6.com, Jakarta Wahana Visi Indonesia (WVI) mengirimkan tenaga kesehatan ke beberapa wilayah terdampak gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat. Kehadiran dokter diharapkan bisa membantu mengatasi mengatasi masalah kesehatan para korban gempa Lombok seperti ISPA, flu, demam dan masalah psikososial.

"Melihat banyaknya kebutuhan tenaga medis di lapangan, kami membuka kesempatan bagi relawan bagi dokter umum dan tenaga gizi berkontribusi dalam respons bencana Lombok. Saat ini kami telah mendatangkan beberapa relawan dokter dan ahli gizi," kata Direktur Humanitarian Emergency Affairs WVI, Margarettha Siregar.

Salah satu relawan yang merupakan ahli gizi, Laila Mardiana, mengatakan banyak ibu stres dan trauma dengan gempa. Hal itu sampai membuat mereka tidak maksimal memberikan makan bagi anak-anak.

Berdasarkan hal itu, WVI dan para relawan tenaga kesehatan fokus memberi pendampingan agar para ibu di posko pengungsi bisa optimal dalam memberikan ASI serta memberikan makanan beraneka ragam bagi anak-anak.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Maksimalkan makanan lokal untuk MPASI

Dokter spesialis gizi klinik, Tan Shot Yen, yang ikut mendampingi para korban gempa mengingatkan kepada ibu-ibu untuk memaksimalkan mengolah makanan yang sehat dan murah serta bergizi lewat bahan lokal.

"Lewat pendampingan pembuatan Makanan Pendamping ASI yang diadakan WVI, kita belajar untuk mengolah makanan sehat yang murah dan bergizi dengan bahan lokal, kata Yen dalam rilis yang diterima Health-Liputan6.com.

Selain itu, relawan kesehatan akan fokus pada penilaian kondisi kesehatan serta pemberian nutrisi bagi masyarakat korban gempa. Juga penyediaan ruang ramah ibu hamil, ibu menyusui, anak balita dan remaja perempuan.

WVI juga menyediakan Ruang Sahabat Anak yang mengajak anak-anak selama 1,5 jam beratkivitas seperti bernyanyi, bermain dan menggambar.

Bagi Anda yang ingin berdonasi untuk korban gempa Lombok, WVI juga menyediakan soap membantu lewat Rekening BCA 478-3019445 atas nama Yayasan Wahana Visi Indonesia. Dalam proses transaksi tambahkan nominal lima di angka paling belakang, contoh Rp500.005.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.