Sukses

Perhatikan 3 Hal Ini Saat Bikin Camilan Sehat untuk Anak

Daripada khawatir dengan keamanan jajanan anak di sekolah, lebih baik buatkan anak camilan sehat yang bisa ia bawa ke tempat aktivitasnya.

Liputan6.com, Bandung Ada sebagian jajanan tidak sehat yang mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan seperti boraks, pengawet dan pewarna buatan yang tidak aman. Hal tersebut membuat sebagian orangtua merasa khawatir akan keamanan jajanan anak-anak.

Menurut Kepala Seksi Mutu dan Pelayanan Makan Instalasi Gizi Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Dedeh, terdapat tiga jurus menyiapkan camilan sehat untuk anak. Hal itu kata Dedeh, agar makanan atau minuman yang hendak dikonsumsi anak aman. 

"Pertama, sumber dan bahan makanan harus aman. Kedua, cara penanganannya yaitu mulai dari persiapan hingga pengolahan makanan dilakukan secara bersih. Ketiga, pendistribusian atau penyajiannya harus memenuhi kaidah penyajian makanan yang aman," ujar Dedeh dalam keterangan tertulisnya dilansir website RSHS, Kamis (23/8/2018).

Dedeh mengatakan ketiga jurus tersebut harus selalu diperhatikan, dalam mempersiapkan setiap camilan sehat untuk anak. Dengan menyediakan makanan dari rumah, kata Dedeh, kesehatan anak-anak pun dapat lebih terjaga.

Makanan yang diolah dirumah ujar Dedeh, dapat lebih terjamin keamanan dan kebersihannya mengingat pemilihan bahan dan pengolahannya pasti akan sangat kita perhatikan.

"Makanan yang dibeli di luar, mungkin ada sedikit kekhawatiran dalam benak kita dengan makanan tersebut karena kita tidak mengetahui dari mana sumber bahan-bahannya dan cara pengolahannya. Intinya, lebih baik makanan untuk bekal anak ke sekolah ini disiapkan dirumah oleh sang ibu sehingga lebih aman dikonsumsi anak," kata Dedeh.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bikin camilan untuk anak mudah

Dedeh menyebutkan sebenarnya tidak sulit untuk mencari bahan makanan sebagai jajanan sehat anak. Tinggal membeli atau menyediakan makanan yang biasa sudah ada di rumah, seperti pisang keju, bahan-bahan untuk pembuatan pisang keju seperti pisang, keju, susu kental manis dan meises, mudah didapat dan sederhana untuk membuatnya serta tidak membutuhkan alat-alat yang banyak.

Namun bagaimana jika anak tetap ingin jajan makanan di luar? Sebaiknya anak-anak dibekali edukasi di rumah seperti pesan Dedeh.

Sampaikan ke anak untuk mengamati kuku si penjual panjang atau tidak, apakah peralatan masaknya bersih, apakah warna makanannya mencolok atau tidak dan lain-lain. Hal ini merupakan bentuk edukasi dari orangtua  di rumah untuk mengarahkan anak-anak memilih jajanan yang sehat.

"Hal yang paling bijak adalah ibu menyediakan sendiri makanan sehat untuk anak dirumah," jelas Dedeh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.