Sukses

RS Hasan Sadikin Jadi Rumah Sakit Rujukan Atlet Asian Games 2018

Rumah Sakit Hasan Sakidin (RSHS) Bandung menjadi rumah sakit rujukan untuk para atlet yang sakit atau cedera selama mengikuti perhelatan Asian Games 2018.

Liputan6.com, Bandung Rumah Sakit Hasan Sakidin (RSHS) Bandung menjadi rumah sakit rujukan untuk para atlet yang sakit atau cedera selama mengikuti perhelatan Asian Games 2018.

Rumah sakit umum pemerintah itu telah menyiapkan Instalasi Gawat Darurat (IGD) khusus, sejak tanggal 8 - 25 Agustus 2018 atau hingga seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan rampung di gelar di Jawa Barat.

Menurut Kepala IGD RSHS Bandung Dodi Tavianto, teknisnya nanti rumah sakit rujukan akan menerima limpahan pasien yang dikirim oleh medical center yang berada di venue Asian Games 2018. Dodi menjelaskan usai seluruh data pasien diterima, tim dokter bersama perawat khusus akan segera disiagakan.

"Sampai sekarang kan kita sudah menangani sepuluh atlet sepak bola yang cedera pada saat latihan dan main," kata Dodi Tavianto, ditemui di Bandung, Senin (20/8/2018). 

Atlet-atlet yang sepakbola Asian Games yang cedera tersebut berasal dari Syria, Arab, Malaysia, dan Timor Leste dengan kategori ringan. 

"Jadi kategorinya cedera ringan lah. Ada yang di otot paha, di sendi bahu dan punggung," lanjut Dodi Tavianto. 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kerahkan 25 dokter

Kata Dodi, sebanyak 25 tenaga dokter calon ahli spesialis bedah ortopaedi, bedah umum, anestesi, jantung dan bedah saraf dikerahkan untuk bersiaga pada perhelatan Asian Games 2018. Dipilihnya dokter dari lima spesialis tersebut kata Dodi, karena dianggap paling mendekati juga berhubungan dengan tindakan kegawatdaruratan.

Selain dokter spesialis tutur Dodi, terdapat juga dokter konsultan yang bertugas. Tujuan dikerahkannya dokter konsultan yakni agar pelayanan tehadap para atlet peserta Asian Games dapat dilakukan dengan cepat.

"Seluruh tenaga medis bertugas selama 24 jam, yang dibagi menjadi tiga shift," ujar Dodi.

RSHS menyatakan secara operasional, IGD khusus Asian Games tersebut tidak berbeda jauh dengan IGD dalam waktu normal. Perbedaannya hanya pada jalur cepat (fast track) di IGD untuk atlet atau official team Asian Games 2018 yang masuk ke RSHS. Sehingga ketika mereka masuk ke IGD RSHS, maka pelayanan bisa lebih dipercepat. (Arie Nugraha)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini