Sukses

Kasus Kecelakaan Lalin Anak Meningkat, Ortu Wajib Waspada

Anak yang mengalami cedera saat mengalami kecelakaan jumlahnya tidak juga turun dari tahun ke tahun.

 

Liputan6.com, Jakarta Kesadaran para orangtua dan pengasuh terhadap cedera pada anak akibat kecelakaan lalu lintas harus ditingkatkan.

Demikian pesan yang diberikan para dokter dari Departemen Pengobatan Darurat di Rumah Sakit Perempuan dan Anak KK Singapura, setelah melihat jumlah anak-anak yang terkapar akibat kecelakaan yang tidak turun dari tahun ke tahun, terlebih di Singapura.

"Mereka bisa berbuat lebih banyak guna mencegah insiden yang tidak mengenakkan ini pada anak," ujar Dr Chong Shu-Ling,salah seorang staf dokter seperti dikutip dari Singapore Health pada Senin, 20 Agustus 2018.

Saat ini, Dr Chong tengah melakukan penelitian kualitatif yang bertujuan agar orangtua memahami tentang penggunaan kursi mobil anak, sehingga dapat memfasilitasi prakarsa pencegahan cedera di masa depan.

Berdasarkan studi sebelumnya, diketahui bahwa kepatuhan orangtua menggunakan kursi mobil anak masih sangat rendah. Khususnya di Singapura, jika dibandingkan dengan negara-negara berpenghasilan tinggi lainnya.

"Yang lebih mengkhawatirkan adalah pengabaian terhadap rekomendasi keselamatan, bahkan sejak awal kehidupan seorang bayi," kata Chong.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cedera pada Anak Saat Kecelakaan

Menurut Dr Chong, anak-anak yang tidak diletakkan di kursi mobil anak kerap paling menderita dan mengalami luka mengancam jiwa saat mengalami kecelakaan.

Secara khusus, anak dapat mengalami cedera jaringan lunak pada otot, ligamen dan tendon, cedera ekstremitas seperti jari tangan dan kaki, cedera pada kepala atau wajah, serta cedera pada organ tubuh lainnya seperti dada, perut, dan tulang belakang.

"Skenari terburuknya, anak bisa mati karena luka yang dideritanya," kata Dr Chong.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini