Tiga Sayur Peningkat Performa Atlet Asian Games 2018

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 20 Agu 2018, 16:04 WIB
Diperbarui 20 Agu 2018, 16:04 WIB
Wushu Putri Indonesia : Lindswell Kwok
Perbesar
Atlet wushu Indonesia, Lindswell Kwok, saat beraksi pada Asian Games di JIExpo, Jakarta, Senin, (20/8/2018). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

 

Liputan6.com, Jakarta Untuk menjaga asupan nutrisi, para atlet yang berlaga di Asian Games tentunya juga harus memperhatikan apa yang mereka konsumsi. Salah satunya sayuran yang mereka makan.

Tidak hanya tentang karbohidrat, protein, dan lemak saja, namun para atlet Asian Games juga harus memperhatikan asupan vitamin dan mineral mereka. Nah, kebanyakan sayuran mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan.

Dilansir dari Stack.com, pada Senin (20/8/2018), paling tidak ada tiga sayuran yang harus dikonsumsi para atlet Asian Games agar meningkatkan performa mereka selama bertanding.

1. Ubi jalar

Ubi jalar adalah sumber yang baik dari vitamin C, mangan (untuk memproduksi energi), serat (untuk pencernaan yang sehat), vitamin B6 (untuk fungsi saraf dan kontraksi otot), dan kalium.

Selain itu, mereka mengandung nutrisi yang tidak boleh dikesampingkan. Mereka mudah untuk dimasak. Anda bisa mencampurnya menjadi salad atau dengan telur orak arik dan bayam.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

 

2 dari 2 halaman

Bit dan Bayam

Bayam (iStock)
Perbesar
Salah satu manfaat bayam adalah bisa mencegah sariawan. (iStockphoto)

2. Bit

Menurut sebuah studi 2012 yang diterbitkan dalam Journal of Academy of Nutrition and Dietetics, konsumsi buah bit yang kaya nitrat, meningkatkan kinerja karena kemampuannya untuk meningkatkan pelebaran pembuluh darah. Hal ini memungkinkan aliran darah yang lebih besar dan meningkatkan pengiriman oksigen dan nutrisi ke otot yang bekerja.

Anda bisa mencampurkan bit hijau dalam salad atau memanggangnya untuk menambahkan rasa manis dan mendapatkan tekstur.

3. Bayam

Sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam penuh dengan nutrisi, tinggi kalsium, vitamin C, magnesium, seng, dan besi. Semua hal itu penting untuk kinerja atletik.

Bayam juga merupakan sumber vitamin K yang membantu atlet menjaga kesehatan tulang. Anda bisa mengkreasikan bayam menjadi makanan yang lebih kreatif seperti untuk sup atau dalam sandwich.

Lanjutkan Membaca ↓