Sukses

Atlet Asian Games 2018 Harus Hindari Jenis Makanan Ini

Atlet Asian Games 2018 tidak boleh sembarangan makan. Beberapa jenis makanan ini harus dihindari oleh mereka

Liputan6.com, Jakarta Ribuan atlet dari berbagai negara Asia berdatangan ke Indonesia untuk bertanding di Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Mereka harus menjaga tubuh mereka tetap bugar agar tidak mengganggu performa mereka saat bertanding.

Untuk itulah, pola makan para atlet Asian Games ini haruslah dijaga. Kebanyakan pola makan untuk atlet sendiri didasarkan pada makanan padat nutrisi yang menyediakan banyak karbohidrat, protein, dan lemak sehat.

Namun melansir dari Livestrong pada Sabtu (18/8/2018), ada beberapa jenis makanan yang tertentu harus dihindari para atlet Asian Games, agar mereka memberikan penampilan yang maksimal.

1. Kalori kosong

Makanan kalori kosong tidak memberikan manfaat nutrisi. Makanan kalori kosong hanya mengambil ruang dalam pola makan atlet, yang sesungguhnya bisa digunakan untuk makanan yang lebih padat nutrisi.

Makanan yang termasuk dalam kalori kosong termasuk kue kering, permen, makanan pencuci mulut, dan minuman manis seperti soda atau kopi dengan rasa.

Menurut Gary Kamen di Foundations of Exercise Science, menghindari makanan yang tidak bernutrisi membuat Anda lebih mudah agar kebutuhan vitamin dan mineral terpenuhi.

Saksikan juga video menarik berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan yang harus dihindari sebelum bertanding

2. Terlalu berserat

Makanan berserat tinggi memang bermanfaat. Namun, mengonsumsinya sebelum berkompetisi adalah ide yang buruk. Hal ini karena serat memperlambat pencernaan. Sehingga, mengonsumsi banyak serat sebelum bertanding bisa menyebabkan mual, kembung, dan rasa tidak nyaman.

Hindari makanan seperti kacang-kacangan, buah, sayur, dan biji-bijian sebelum berkompetisi atau latihan. Simpanlah semua itu untuk waktu lain.

3. Makanan cepat saji

Makanan seperti burger, kentang goreng, dan pizza jelas harus dihindari bagi para atlet. Mereka mengandung garam, lemak terhidrogenasi, dan karbohidrat berkualitas rendah.

4. Memanjakan diri

Meskipun para atlet harus mengonsumsi makanan yang sehat seperti daging tanpa lemak, susu rendah lemak, ikan, buah, sayur, dan kacang-kacangan. Namun, sesekali berilah sedikit ruang agar mereka memanjakan diri dengan mengonsumsi makanan yang dianggap tidak terlalu sehat. Tentunya dengan batasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.