Sukses

Zanati Tahta Umahati, Paskibraka Pembawa Baki Bendera Pusaka yang Hobi Main Basket

Paskibraka perwakilan Sumatera Selatan Zanati Tahta Umahati atau akrab disapa Tata terpilih sebagai pembawa baki pada saat upacara penurunan bendera pusaka

Liputan6.com, Jakarta Sore ini, Paskibraka Zanati Tahta Umahati atau akrab disapa Tata, bertugas sebagai pembawa baki di upacara penurunan bendera  Perayaan Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia. Sebelumnya, tugas membawa baki bendera pusaka diemban oleh Paskibraka dari Jawa Barat Tarrisa Maharani Dewi pada upacara penaikan bendera di Istana Negara, pagi tadi.

Zanati Tahta Umahati adalah Paskibraka putri yang mewakili Provinsi Sumatera Selatan. Gadis kelahiran Tangerang, 15 September 2002 ini merupakan putri dari Tjetjep Pachrudin dan Ruri Novalia. Saat ini, Tata menempuh pendidikan di SMAN 1 Pagaralam.

Berdasarkan pantauan Diary Paskibraka, selama Diklat Paskibraka 2018 di PP-PON Cibubur, Zanati Tahta menjadi salah satu Capaska yang sering menjadi pembawa baki saat pelatihan. Meski begitu, dia juga kerap kali menjadi cadangan dari Paskibraka asal DKI Jakarta, Jessenia Sarah Aurelia atau Sarah.

Saat gladi resik, gadis yang akrab disapa Tata ini dipilih menjadi pembawa baki penurunan bendera, sementara Sarah berada di kelompok 17. 

 

 

*Update terkini Asian Games 2018 mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga informasi terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempat gugup

Di awal latihan gabungan, gadis dengan tinggi 169 cm ini mengaku sempat gugup ketika harus menjadi pembawa baki.

"Pas naik tangga rada goyang gitu," ujar Tata saat itu.

Tak hanya itu, dia juga mengakui banyak dikomentari orang pada saat latihan. Untunglah Tata mampu kembali fokus dan tetap berlatih.

"Setiap jalan mendekati pasukan-pasukannya, pasti diomongin begitu. Enggak rapi, enggak apa. Jadi harus benar-benar fokus, jangan fokus ke omongan kata-kata orang," kata Tata.

Pada upacara penurunan bendera sore ini, Tata tergabung dalam tim Bangsa. Sama seperti gladi resik, Sarah tak akan ada di belakangnya. Paskibraka asal Sumatera Barat, Al-Mar'atul Hamidah atau Fuji yang berada di posisi pembawa baki cadangan. 

Selain berprestasi mewakili Sumatera Selatan sebagai Paskibraka Nasional, Tata yang hobi main basket ini juga pernah menjadi juara tiga PORKOT Pagaralam 2017. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini