Sukses

Menengok Kemeriahan Perayaan Hari Kemerdekaan di 5 Negara

Bila di Indonesia hari ulang tahun kemerdekaan dirayakan begitu semarak, bagaimana perayaan kemerdekaan di negara lain, ya?

Liputan6.com, Jakarta Perayaan hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh setiap tanggal 17 Agustus identik dengan berbagai lomba dan hiburan seru. Pada momen yang umum disebut "17-an" itulah tampak betapa kreatifnya masyarakat kita dengan menghias sekitar tempat tinggal hingga menggelar lomba-lomba unik yang menerbitkan tawa. 

Bila di Indonesia hari ulang tahun kemerdekaan dirayakan begitu semarak, bagaimana perayaan kemerdekaan di negara lain, ya? Simak perayaan kemerdekaan di lima negara berikut ini, melansir laman Afar, Jumat (17/8/2018).

1. Kanada

Hari kemerdekaan Kanada diperingati setiap tanggal 1 Juli. Biasanya masyarakat akan bersuka ria merayakan berbgai parade atau karnaval di seluruh sudut kota. Melakukan piknik, menonton kembang api, atau menonton konser gratis di pusat kota.

Namun, Ottawa, ibukota Kanada, memiliki rangkaian acara paling banyak.

Pertunjukan paling seru adalah parade pasukan penerbangan Snowbirds di Parliament Hill, di mana tim penerbangan Pasukan Kanada melakukan pertunjukan udara di atas Ottawa Peace Tower.

2. Amerika Serikat

Kemerdekaan Amerika Serikat diperingati setiap tanggal 4 Juli. Untuk merayakannya, masyarakat di sana biasa melihat festival kembang api di dekat sungai atau membuat barbekyu bersama keluarga.

Puncak perayaan kemerdekaan akan diadakan acara kembang api tahunan di Kota New York. Momen tersebut biasanya menarik lebih dari 3 juta penonton dan dianggap sebagai perayaan Hari Kemerdekaan terbesar di negara tersebut.

 

*Update terkini Asian Games 2018 mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga informasi terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perayaan Kemerdekaan di Prancis

3. Prancis

Hari kemerdekaan Perancis diperingati setiap tanggal 14 Juli atau disebut sebagai Hari Bastille. Memperingati hari penyerbuan Bastille, peristiwa revolusioner yang terjadi di Paris dan sebagai tanda dimulainya Revolusi Perancis 1789.

Tradisi Hari Bastille dimulai dengan pawai militer tahunan di sepanjang jalan Champs-Elysées Paris. Dan ketika malam tiba, langit di sekitar Menara Eiffel yang ikonik akan semarak dengan pertunjukan kembang api.

Sekitar pukul 21.00 malam hingga 04.00 pagi, pemadam kebakaran kota Paris mengadakan pesta dansa untuk penggalangan dana. Tradisi ini, yang dimulai pada tahun 1937, dikenal dengan Firemen's Ball.

4. India

Dua hari lebih awal dari Indonesia, hari kemerdekaan India diperingati setiap tanggal 15 Agustus. Untuk merayakannya, biasanya perdana menteri India akan mengibarkan bendera India dan berpidato dari Benteng Merah Delhi. 

Setelahnya, masyarakat di negara bekas jajahan Inggris itu berbondong-bondong pergi ke taman, dan ruang publik lainnya untuk menerbangkan layang-layang, yang merupakan simbol kebebasan nasional di seluruh India.

5. Korea Selatan

Jatuh di tanggal yang sama dengan India, hari kemerdekaan Korea Selatan diperingati setiap tanggal 15 Agustus. Perayaan kemerdekaan Korea Selatan dikenal dengan istilah Gwangbokjeol.

Perayaan dimulai dengan upacara resmi di Aula Kemerdekaan Korea di Cheonan di mana presiden berbicara dan publik menyanyikan lagu resmi Gwangbokjeol.

Sama seperti negara-negara lain, bangunan dan rumah di seluruh Korea Selatan diharuskan untuk memasang bendera nasional. Dan ada satu hal yang unik, yaitu pada tanggal 15 Agustus, pemerintah Korea Selatan memberikan pengampunan hukuman khusus untuk warga dalam penjara.

Penulis : Nita Utami

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini