Biasa Mandi Sebelum Tidur, Adakah Manfaatnya?

Oleh Liputan6.com pada 16 Agu 2018, 21:00 WIB
Diperbarui 16 Agu 2018, 21:00 WIB
Mandi
Perbesar
Mandi air hangat di malam hari bisa membuat tidur lebih nyenyak.

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang bekerja di kota-kota besar, biasanya sampai rumah sudah malam hari. Tak heran bila usai mandi langsung tidur. Rupanya, bagi orang yang sudah terbiasa mandi sebelum tidur ternyata akan memberikan manfaat positif.

Beberapa penelitian telah membuktikan mandi, baik itu di bawah pancuran maupun berendam di bathtub, bisa meningkatkan kreativitas dan membuat pikiran lebih segar. Bagi yang memilih mandi dengan air hangat, keuntungannya tubuh jadi lebih rileks seperti disampaikan ahli saraf, Alice Flaherty.

Lalu, menurut Dr.Dianna Augelli dari Sleep Medicine di New York-Presbyterian/Weill Cornell Medical Center mandi air hangat sebelum tidur bisa membuat lebih cepat tidur. Selain itu, tidur pun lebih nyenyak.

Namun, untuk mendapatkan manfaat di atas ada dua hal yang harus diperhatikan. Pastikan suhu suam-suam kuku dan mandi 90 menit sebelum tidur. Hal ini tentunya bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak dan kamu bisa bangun dengan badan yang lebih segar dan aktif. 

 

Penulis: Luthfia Miranda Putri 

Sumber: Vemale.com

 

*Update terkini Asian Games 2018 mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga informasi terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

2 dari 2 halaman

Cara lain tidur nyenyak

[Bintang] Ini Alasan Mengapa Susu Kental Manis Ramai Dibahas Masyarakat Indonesia
Perbesar
Inilah isi surat edaran Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait produk susu kental manis (SKM). (Ilustrasi: iStockphoto)

Bagi Anda yang sulit tidur nyenyak di malam hari, minum susu sapi membantu mempercepat tidur. Menurut penelitian dari Uimyung Research Institute for Neuroscience di Korea Selatan, susu yang diminum malam hari memiliki jumlah triptofan dan melatonin, senyawa tersebut merupakan hormon alami yang dapat membantu pengaturan siklus tidur dan bangun tidur yang baik.

Sedangkan, triptofan membantu jalannya melatonin pada tubuh hingga mencapai titik hormon tidur yang maksimal. Dilansir dari laman The Health Site, ditulis Jumat (17/8/2018).

Minum susu sebelum tidur di malam hari lebih baik daripada mengonsumsi obat tidur yang mengandung zat penenang gunamempermudah tidur. Minum susu lebih efektif karena sama sekali tidak menyebabkan kerusakan pada organ tubuh di kemudian hari.

Lanjutkan Membaca ↓