Sukses

BPOM Sediakan Mobil Lab Keliling Selama Asian Games

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyiapkan mobil laboratorium keliling di sekitar venue Asian Games 2018.

 

Liputan6.com, Jakarta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyiapkan mobil laboratorium keliling di sekitar venue Asian Games 2018. Ini merupakan salah satu bentuk dukungan BPOM dalam mensukseskan gelaran pesta olahraga terbesar di Asia ini.

Di dalam mobil laboratorium keliling dilengkapi sarana uji sampel cepat ini bisa mengecek kelayakan makanan. Jika ditemukan pelanggaran di lapangan, BPOM RI telah menyiagakan mobil penyidikan untuk melakukan proses investigasi langsung terhadap pelaku seperti dikutip rilis BPOM yang diterima Health-Liputan6.com.

Kepala BPOM Penny K. Lukito pada Minggu, 12 Agustus lalu pun sudah meninjau kesiapan mobil laboratorium keliling yang akan digunakan selama perhelatan Asian Games 2018.

Pengawasan keamanan pangan selama ASIAN Games terbagi tiga zona, yaitu lokasi kegiatan Asian Games (Zona 1), wilayah dalam radius walking distance dari lokasi kegiatan Asian Games (Zona 2), dan tempat wisata terdekat maupun bandara (Zona 3).

Ada 61 personel BPOM RI yang berasal dari 7 BBPOM/BPOM dan Pusat telah terakreditasi INASGOC untuk memeriksa keamanan pangan di lokasi Asian Games 2018 di Palembang dan Jakarta, maupun sejumlah kabupaten/kota di Jawa Barat.

Petugas berasal dari empat wilayah lain yakni Bandar Lampung, Serang, Jambi dan Bengkulu.

 

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Stiker pangan aman

BPOM juga menyiapakan stiker sebagai penanda usaha pangan telah dibina dan dikawal keamanannya. Dengan kehadiran stiker ini membantu tamu Asian Games 2018 memilih pangan yang aman.

Di Jakarta, pengawasan pangan sudah dilakukan terhadap 40 pedagang dan 100 UMKM yang dikelola oleh Koperasi Gelora Bung Karno (GBK). Juga sejumlah sarana ritel di wilayah JIExpo, dan kantin rumah saki rujukan terdekat dengan Wisma Atlet.

Sedangkan untuk pengamanan pangan bagi tamu VVIP dan VIP, BBPOM di Jakarta telah melakukan pemeriksaan pendahuluan di Hotel Fairmont. Lebih lanjut, BPOM RI juga akan melakukan food security pada saat Opening Ceremony di Stadion Utama GBK.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.