Sukses

5 Kiat Tidur Nyenyak dan Bebas Dengkur

Salah satu dokter tidur terkemuka dari Amerika Serikat yakni Dr. Michael Breus membagikan lima tips bagaimana Anda bisa tidur nyenyak

Liputan6.com, Jakarta Tidur merupakan salah satu cara manusia untuk beristirahat. Sayangnya tidur nyenyak cukup sulit diperoleh sehingga pola istirahat Anda menjadi terganggu, kemudian berdampak pada keletihan tubuh saat menghadapi rutinitas keesokan harinya.

Salah satu dokter tidur terkemuka dari Amerika Serikat yakni Dr. Michael Breus membagikan lima tips bagaimana Anda bisa tidur nyenyak berikut ini, seperti dirangkum Antaranews dari rilis "Tips Tidur Nyenyak" Princess Cruises.

1. Kenali dan tetapkan satu jadwal tidur

Langkah awal agar Anda bisa tidur nyenyak secara teratur setiap hari adalah dengan mengenali dan menetapkan satu jadwal tidur. Ini perlu dilakukan agar waktu tidur memiliki ritme yang teratur sehingga jam biologis serta fungsi tubuh akan tersesuaikan dan berjalan lancar.

2. Nikmati sinar mentari pagi

Tips lainnya agar dapat tidur dengan nyenyak adalah dengan bangun di pagi hari untuk menikmati sinar mentari pagi selama 15 menit. Langkah ini penting dalam membantu untuk mengatur produksi hormon melatonin atau tidur, melancarkan jam tubuh internal selama 24 jam, dan membantu tubuh terkena pola terang dan gelap secara teratur.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hindari Kafein

3. Hindari kafein mulai pukul dua siang

Minuman berkafein, seperti kopi dan minuman energi memiliki efek stimulan selama 8 jam dan ini berarti mencegah Anda untuk mendapatkan tidur yang nyenyak serta berkualitas. Kalau bisa usahakan untuk menghindari minuman berkafein mulai jam dua siang agar bisa tidur dengan nyenyak.

4. Rutin berolahraga

Tips berikutnya agar bisa tidur dengan nyenyak adalah dengan rutin berolahraga setiap harinya. Anda tidak perlu pergi ke gym atau lari marathon jarak jauh, cukup dengan melakukan olahraga-olahraga sederhana seperti berjalan kaki ke kantor bisa membantu Anda untuk mendapatkan tidur nyenyak.

5. Stop Olahraga empat jam sebelum tidur

Olahraga memang dianjurkan untuk membantu tidur dengan nyenyak, tapi jangan juga melakukannya empat jam menjelang waktu tidur. Selain membuat Anda susah tidur, kebiasaan ini juga menunjukkan bahwa Anda merupakan sosok yang tidak disiplin dalam berolahraga. Ada baiknya Anda paling lambat berolahraga ketika siang hari. (Aji Cakti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini