Sukses

Wujudkan Bandara Sehat, Angkasa Pura I Balikpapan Hadirkan Toilet Bersih Bermotif 3 Dimensi

Farid Indra Nugraha selaku General Manager PT. Angkasa Pura I Balikpapan dan Achmad Prihatna.

 

Liputan6.com, Balikpapan PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan laksanakan rapat verifikasi penyelenggaraan pelabuhan dan Bandar Udara Sehat. Hal ini dalam rangka pemberian penghargaan Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat Tahun 2018.

Acara ini laksanakan di Ruang Rapat Kahayan Kantor Administrasi PT Angkasa Pura I (Persero) Balikpapan di hadiri Farid Indra Nugraha selaku General Manager PT. Angkasa Pura I Balikpapan dan Achmad Prihatna selaku Kasi Penyehatan Kawasan Subdit PUTK DIT. Kesehatan Lingkungan.

Farid dalam sambutannya menyampaikan perlunya sinergitas antar seluruh stakeholder untuk mendukung Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan menjadi bandara Sehat.

Menurutnya mendukung program Bandara Sehat ini Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dalam pembangunan terminalnya menyediakan banyak fasilitas untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan.

"Untuk itu kami berikan fasilitas toilet bersih dengan motif 3 Dimensi yang  mengunggulkan visual berstandar Asosiasi Toilet Indonesia (ATI)," katanya.

Lanjutnya bandara SAMS Sepinggan Balikpapan juga menerapkan konsep Bandara ramah lingkungan dan efisien dalam operasionalnya.

"Kita menerapkan konsep Building Recycling Water, penggunaan LED (Light Emiting Diode), Pemanfaatan Sinar Matahari untuk pencahayaan, penerapan energi untuk gedung terminal dan penggunaan tanaman hidup untuk sebagian taman di ruang Indoor untuk mendukung program Bandara Sehat," beber Farid.

Diketahui, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan berhasil meraih predikat Bandara Sehat 2014 versi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Penghargaan tersebut diberikan sebagai bagian dari kompetisi atau perlombaan dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) Emas ke-50 Tahun.

Seiring dengan itu pencapaian prestasi Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan sebagai Bandara Sehat dapat juga dilihat dari survey kepuasan pelanggan oleh Airport Service Quality (ASQ) Award 2017 yang diselenggrakan oleh Airport Council Internasional (ACI) sebagai “2nd place tie Best Airport by Size : 5 – 15 million passenger per year. 

Adapun upaya Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan sebagai Bandara Sehat dengan melakukan kegiatan kerja bakti secara rutin di wilayah Airside utamanya pembersihan FOD (Foreign Object Debris) yang disebut juga benda-benda asing yang dapat mengganggu penerbangan guna mewujudkan keselamatan dan budaya sehat di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.