Sukses

Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan serta Kecantikan Kulit, Bibir, dan Wajah

Lidah buaya sudah lama dikenal sebagai tanaman berkhasiat. Masyarakat Indonesia pun awalnya mengenali lidah buaya sebagai penyubur rambut, dan kini popularitas produk gel pelembab yang menggunakan ekstrak lidah buaya sungguh meroket.

Jakarta Lidah buaya sudah lama dikenal sebagai tanaman berkhasiat. Masyarakat Indonesia pun awalnya mengenali lidah buaya sebagai penyubur rambut, dan kini popularitas produk gel pelembab yang menggunakan ekstrak lidah buaya sungguh meroket. Sehingga, manfaat lidah buaya sudah lagi tak diragukan.

Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman yang masuk dalam famili xanthorrhoeaceae dan masuk genus aloe. Tanaman ini paling mudah ditemui di kawasan kering di Afrika. Bentuk tanamannya memang seperti kaktus, namun isi dari daunnya sendiri sangat berlendir.

Manfaat lidah buaya ada banyak sekali jumlahnya. Kandungan dalam lidah buaya antara lain; protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, B1, dan C.

Manfaat lidah buaya seringkali kita dapatkan dalam bentuk produk kecantikan yang tentu saja sudah melalui proses kimiawi. Nah daripada Anda harus memakai sudah dalam bentuk kemasan yang tentu saja akan mengurangi khasiat dan manfaat lidah buaya itu sendiri, Anda bisa mendapat manfaat lidah buaya secara langsung atau dengan cara tradisional.

Berikut deretan manfaat lidah buaya jika Anda gunakan secara langsung, seperti yang dilansir Liputan6.com pada Jumat (10/8/2018) dari Merdeka.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan

Berikut deretan manfaat lidah buaya untuk kesehatan.

1. Lidah buaya untuk mempercepat penyembuhan luka luar

Aloe vera atau lidah buaya mengandung zat anti-inflamasi yang berguna untuk menyembuhkan luka luar. Manfaat lidah buaya lainnya adalah kandungan anti bakteri di dalamnya efektif melawan infeksi yang disebakan oleh bakteri sehingga mempercepat pemulihan luka.

2. Lidah buaya untuk mengatasi iritasi

Kadang tanpa ada sebabnya kulit mengalami iritasi atau radang seperti eksim, psoriasis, atau rosacea. Untuk mengatasi iritasi dan radang tersebut tidak ada salahnya jika Anda mencoba mengobati dengan menggunakan lidah buaya, karena salah satu manfaat lidah buaya adalah mengatasi iritasi atau radang di kulit.

3. Lidah buaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh

Salah satu manfaat lidah buaya adalah membantu penyerapan vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh secara maksimal sehingga kekebalan tubuh akan meningkat. Anda bisa mengkonsumsi lidah buaya dalam bentuk minuman yaitu jus atau suplemen lidah buaya.

4. Lidah buaya untuk membasmi plak gigi

Tak cuma untuk rambut dan kulit, manfaat lidah buaya yang lain adalah sebagai obat kumur untuk mengurangi dan membasmi plak di gigi memiliki efek yang hampir sama dengan chlorhexidine atau obat antiseptik golongan antimikroba.

5. Lidah buaya untuk menjaga kadar asam tubuh

Salah satu manfaat lidah buaya jika kita minum, adalah sifat alkali dari lidah buaya akan membantu menjaga kadar asam dalam tubuh atau menyeimbangkan keasaman tubuh.

3 dari 6 halaman

6. Lidah buaya untuk membantu proses detoksifikasi

Tubuh terkadang membutuhkan waktu untuk mengeluarkan semua racun dalam tubuh atau lebih dikenal dengan proses detoksifikasi. Nah, salah satu manfaat lidah buaya untuk dikonsumsi adalah mempercepat dan melancarkan proses detoks.

7. Lidah buaya untuk mengurangi berat badan

Seperti yang telah dibahas pada poin 6, bahwa manfaat lidah buaya adalah membantu proses detoksifikasi, maka secara langsung juga akan membuat proses metabolisme dalam tubuh meningkat sehingga tidak akan ada timbunan lemak dalam tubuh serta pencernaan akan terjaga kesehatannya.

8. Lidah buaya untuk menjaga kesehatan kardiovaskular

Salah satu manfaat lidah buaya lainnya adalah meningkatnya kemampuan difusi sel darah merah serta transportasi oksigen sehingga masalah kesehatan kardiovaskular seperti jantung dapat diminimalisir.

9. Lidah buaya sebagai sumber asam amino

Minuman jus lidah buaya mengandung 7 asam amino dari 8 asam amino yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh secara mandiri. Karena itu, salahs atu manfaat lidah buaya lainnya adalah terpenuhinya kebutuhan asam amino Anda.

10. Lidah buaya sebagai sumber vitamin dan mineral

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian pembukaan, banyak sekali kandungan lidah buaya yang berguna bagi tubuh kita. Pasalnya, salah satu manfaat lidah buaya adalah dipenuhinya kebutuhan vitamin dan mineral.

4 dari 6 halaman

Manfaat lidah buaya untuk wajah

Ada beberapa manfaat lidah buaya untuk kecantikan, terutama kecantikan wajah. Berikut cara menggunakan lidah buaya untuk kecantikan.

  1. Belah lidah buaya menjadi 2 bagian
  2. Ambil bagian tengah dari lidah buaya
  3. Tempelkan atau usapkan ke seluruh wajah
  4. Diamkan selama 30 menit
  5. Bilas hingga bersih

Jika sudah menerapkan masker lidah buaya di wajah Anda, ada beberapa manfaat lidah buaya yang akan Anda dapat seperti hilangnya jerawat, hilangnya bekas jerawat, mencerahkan kulit wajah Anda, menghilangkan komedo yang sulit diambil, mengecilkan pori-pori wajah, serta menghaluskan wajah.

5 dari 6 halaman

Manfaat lidah buaya untuk kulit tubuh

Sudah lama jika salah satu manfaat lidah buaya paling maksimal adalah jika diaplikasikan ke kulit. Jika dengan cara di poin yang telah kami jelaskan di atas diaplikasikan di kulit, Anda akan mendapatkan manfaat lidah buaya berupa tabir surya alami, pereda kulit yang terbakar sengatan matahari, pelembap kulit, pencerah kulit, serta penghilang bekas luka di kulit.

6 dari 6 halaman

Manfaat lidah buaya untuk rambut

Dengan mengaplikasikan masker lidah buaya di rambut, Anda akan mendapatkan manfaat lidah buaya yang maksimal. Deretan manfaat lidah buaya untuk rambut antara lain: menghitamkan rambut, membuat rambut berkilau, mencegah rambut rontok, menguatkan akar rambut, serta menghilangkan ketombe.

 

Manfaat lidah buaya untuk bibir

Hanya dengan mengoleskan lidah buaya setiap hari pada bibir Anda, berikut manfaat lidah buaya pada bibir: menghaluskan bibir, membuat bibir merah alami, melembapkan bibir, serta mengobati kulit bibir yang pecah-pecah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.