Sukses

Menguji Pengetahuan Calon Paskibraka 2018 tentang Pakaian Dinas Upacara

Seperti apa hal yang Calon Paskibraka 2018 ketahui tentang pakaian dinas upacara yang akan mereka kenakan?

Liputan6.com, Jakarta Seminggu sebelum melaksanakan tugas sebagai Paskibraka di Istana Merdeka, Calon Paskibraka 2018 tingkat nasional, menjajal Pakaian Dinas Upacara (PDU). Namun, seberapa tahukah mereka tentang seragam tersebut?

Calon Paskibraka 2018 putra asal Kepulauan Riau Diko Rio Pradana mengatakan, PDU digunakan para Paskibraka saat bertugas dalam penaikan dan penurunan Sang Saka Merah Putih di Istana Merdeka. Untuk simbol yang ada di PDU sendiri memiliki arti tersendiri.

"Ada lambang paskibraka, di lambang itu ada seorang putra dan seorang putri, yang mengartikan bahwa putra putri yang mengibarkan bendera merah putih," ujar Diko ditemui Diary Paskibraka di PP-PON, Cibubur, Jumat (10/8/2018).

Menurutnya, bendera merah putih di atas melambangkan apa yang akan dikibarkan putra dan putri tersebut. Sementara, simbol lain ada juga lambang dari provinsi yang mereka wakili.

"Itu mewakili tanggung jawab saat bertugas dalam membawa nama daerahnya masing-masing," tambah Diko.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Simbol-simbol di PDU

Sementara itu, perwakilan Jawa Barat, Tarissa Maharani Dewi mengatakan, selama bertugas mereka harus mengenakan peci, jas, rok (bagi yang putri), sepatu pantofel, dan juga kaus kaki panjang selutut. Untuk simbol sendiri, Tarissa mengenakan lambang Jawa Barat.

"Yang ada tulisan gemah ripah, repeh, rapih, terus ada logo paskibraka nasionalnya," kata Tarissa.

Ketika menerima PDU tersebut, Capaska asal Kalimantan Selatan, Dyka Ade Susilo mengatakan dirinya merasa sedikit gugup setelah mencoba pakaian tersebut.

"Senang, habis itu agak gugup juga. Keren saja melihat bajunya, pas di badan juga jadi bagus," ujar Dyka.

Pelajar SMAN 3 Banjarbaru itu juga berhasil menjawab apa saja lambang yang terdapat di PDU tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.