Sukses

Sama-sama Gemar Olahraga, Antara Jokowi dan Sandiaga Lebih Bugar Mana?

Baik Jokowi dan Sandiaga sama-sama gemar olahraga. Seperti apa olahraga kesukaan mereka?

 

Liputan6.com, Jakarta Dua orang yang maju menjadi calon presiden dan calon wakil presiden 2019-2024, yakni Joko Widodo (Jokowi) dengan Sandiaga Uno, dikenal gemar berolahraga. Dalam banyak kesempatan, Jokowi dan Sandi kerap memperlihatkan aktivitasnya saat berolahraga.

Berikut olahraga kesukaan Jokowi dan Sandi yang dihimpun Health-Liputan6.com dari berbagai sumber.

Joko Widodo

1. Jalan kaki

Aktivitas fisik ringan ini sering sekali dilakukan Jokowi. Dalam posting-an di Instagram pribadi @jokowi, ia mengatakan selalu berusaha jalan kaki. Terutama ketika melakukan kunjungan ke daerah.

"Jalan kaki itu menyehatkan. Dan mengasyikkan," tulis Jokowi dalam keterangan foto tersebut.

Bahkan, dalam sebuah acara penting, ia berjalan kaki beberapa kilometer. Seperti saat peringatan HUT ke-72 TNI di Dermaga PT Indah Kiat Banten di Oktober 2017 lalu. Saat itu kondisi memang sedang macet. Jokowi yang kala itu mengenakan jas memilih keluar dari mobil dan jalan kaki sejauh 3 kilometer.

Ia pun menganggap jalan kaki itu sebagai salah satu bentuk olahraga. "Untuk olahraga pagi-lah, jadinya basah kuyup. Hanya tiga kilo saja kami biasa, 15 atau 20 kilo juga tak apa-apa."

2. Joging

Saat berada di Istana Bogor, Jokowi kerap menyempatkan joging atau lari kecil mengitari area Kebun Raya Bogor. Lari secara rutin akan menguatkan jantung, menambah jumlah kapiler serta sel-sel darah merah dalam tubuh. Jantung sebagai bagian dari otot tubuh pun akan semakin kuat.

3. Bersepeda

Jokowi dikenal kerap memberikan hadiah sepeda. Dan, bersepeda memang olahraga kegemaran Jokowi sejak dahulu.

"Bersepeda itu mandiri dan bekerja keras. Kemajuan, kelajuan, juga kecepatan dihasilkan dari usaha sendiri, gerak tubuh sendiri, tanpa mesin atau dorongan tenaga orang lain," ujar Jokowi di akun FB-nya, Sabtu, 26 Agustus 2017.

 

4. Memanah

Ini olahraga yang baru digeluti saat dirinya menjadi presiden. Walau begitu, keinginan belajar memanah sudah ada sejak ia kecil ketika tinggal di dekat Lapangan Manahan, Solo yang merupakan lokasi latihan panahan.

Setelah bisa memanah, ia sempat mengikuti Kejuaraan Panahan Bogor Open I pada 2017. Saat itu ia mengaku benar-benar deg-degan karena dilihat orang banyak.

5. Olahraga bareng cucu

Cucu pertama Jokowi-Iriana, yakni Jan Ethes Srinarendra, juga membuat pria yang kembali mencalonkan diri menjadi presiden ini untuk makin aktif. Dalam banyak kesempatan, Jokowi kerap bermain dengan putra Gibran dan Selvi itu.

Terbaru, Jokowi bermain sepak bola dan tinju yang bisa dilihat lewat vlog Jokowi beberapa saat lalu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sandiaga Uno

1. Lari

Jauh-jauh hari sebelum terjun di bidang politik, Sandi memang dikenal gemar berolahraga. Menurut dia, lari merupakan olahraga yang mudah diikuti setiap individu.

Sandi pun kerap mengikuti berbagai ajang lari. Salah satunya mengikuti half marathon (21 km) pada Oktober 2017.

2. Basket

Sandiaga sempat meminta warga Jakarta untuk mengurangi selfie lalu menggantinya dengan aktif berolahraga, salah satunya bermain basket. Kegemarannya bermain basket sudah mulai dilakukan sejak ia SMA.

 

3. Renang

Sandiaga pernah menjadi Ketua Umum PB Persatuan Renang Seluruh Indonesia. Tak heran bila ia pun jago berenang.

Di Januari 2017, Sandi pernah berenang dari Pulau Karya ke Pulau Panggang di Kabupaten Kepulauan Seribu. Selain itu, ia juga pernah berenang sejauh satu kilometer di Danau Sunter pada 25 Februari 2018.

Coba, menurut Anda bugar siapa?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.