Sukses

Ibu Makan Sedikit, Bakal Pengaruhi Komposisi ASI?

Kualitas ASI yang mengandung DHA, lemak dan karbohidrat serta komponen penting lain tak akan berubah meski asupan makanan ibu hanya sedikit.

Liputan6.com, Jakarta Ibu menyusui yang hanya makan sedikit tak membuat komposisi Air Susu Ibu (ASI) berubah. Kualitas ASI tetap sama yakni mengandung DHA (asam lemak omega-3), gangliosida (lemak dan karbohidrat), probiotik (karbohidrat, mineral, vitamin), zat besi, dan kalsium.

Tak cuma itu, ASI juga mengandung senyawa imunitas untuk meningkatkan kekebalan bayi. Bayi pun tak gampang sakit.

"ASI yang diproduksi dan komposisi ASI tidak akan berubah. Apakah ibu makan sedikit atau banyak, tidak mengurangi komposisi ASI," ungkap dokter spesialis anak konsultan, Ariani Dewi Widodo usai acara "Media Lunch Anmum #MumToMum dalam Rangka Pekan ASI 2018" di Fairmont Jakarta, ditulis Kamis (9/8/2018).

Bila ibu hanya mengonsumsi sedikit makanan yang akan terkena pengaruh adalah tubuhnya sendiri.

"Asupan makan kurang, ibu akan kekurangan zat gizi. Untuk produksi ASI, zat besi dan kalsium diambil dari tubuh ibu. Ini demi tubuh memberikan ASI sempurna untuk bayi," kata Ariani menambahkan. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ibu menyusui harus bugar

Selama menyusui, ibu harus menjaga badan tetap fit, terutama perbanyak makan buah dan sayur. Selain itu, pastikan ibu menyusui jangan sampai kekurangan zat besi.

"Bila kekurangan zat besi, ibu bisa anemia dan badan lemah. Kalsium di tubuh ibu bisa kurang. Untuk memproduksi ASI, tubuh akan mengambil kalsium dari tulang ibu," lanjut dokter yang berpraktik di RS Anak dan Bunda Harapan Kita Jakarta ini. 

Jika tubuh terus mengambil kalsium dari tulang, maka ibu akan mengalami osteoporosis (tulang rapuh). Itu sebabnya penting bagi ibu menyusui makan dengan pola gizi seimbang. 

"Ibu kan tidak hanya mengurus Si Kecil saja. Mengurus rumah dan bekerja juga. Jadi, ibu perlu menjaga tubuh tetap sehat dan berumur panjang," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.