Ibu Makan Sedikit, Bakal Pengaruhi Komposisi ASI?

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 10 Agu 2018, 17:00 WIB
Ilustrasi Produksi Air Susu Ibu (ASI) (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Ibu menyusui yang hanya makan sedikit tak membuat komposisi Air Susu Ibu (ASI) berubah. Kualitas ASI tetap sama yakni mengandung DHA (asam lemak omega-3), gangliosida (lemak dan karbohidrat), probiotik (karbohidrat, mineral, vitamin), zat besi, dan kalsium.

Tak cuma itu, ASI juga mengandung senyawa imunitas untuk meningkatkan kekebalan bayi. Bayi pun tak gampang sakit.

"ASI yang diproduksi dan komposisi ASI tidak akan berubah. Apakah ibu makan sedikit atau banyak, tidak mengurangi komposisi ASI," ungkap dokter spesialis anak konsultan, Ariani Dewi Widodo usai acara "Media Lunch Anmum #MumToMum dalam Rangka Pekan ASI 2018" di Fairmont Jakarta, ditulis Kamis (9/8/2018).

Bila ibu hanya mengonsumsi sedikit makanan yang akan terkena pengaruh adalah tubuhnya sendiri.

"Asupan makan kurang, ibu akan kekurangan zat gizi. Untuk produksi ASI, zat besi dan kalsium diambil dari tubuh ibu. Ini demi tubuh memberikan ASI sempurna untuk bayi," kata Ariani menambahkan. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

2 of 2

Ibu menyusui harus bugar

Ilustrasi makanan sehat
Ibu makan sehat

Selama menyusui, ibu harus menjaga badan tetap fit, terutama perbanyak makan buah dan sayur. Selain itu, pastikan ibu menyusui jangan sampai kekurangan zat besi.

"Bila kekurangan zat besi, ibu bisa anemia dan badan lemah. Kalsium di tubuh ibu bisa kurang. Untuk memproduksi ASI, tubuh akan mengambil kalsium dari tulang ibu," lanjut dokter yang berpraktik di RS Anak dan Bunda Harapan Kita Jakarta ini. 

Jika tubuh terus mengambil kalsium dari tulang, maka ibu akan mengalami osteoporosis (tulang rapuh). Itu sebabnya penting bagi ibu menyusui makan dengan pola gizi seimbang. 

"Ibu kan tidak hanya mengurus Si Kecil saja. Mengurus rumah dan bekerja juga. Jadi, ibu perlu menjaga tubuh tetap sehat dan berumur panjang," tandasnya.

Lanjutkan Membaca ↓