Sukses

Ibu Menyusui Tidak Boleh Pilih-pilih Makanan

Demi asupan gizi terpenuhi, ibu menyusui tidak boleh pilih-pilih makanan.

Liputan6.com, Jakarta Demi asupan gizi terpenuhi, ibu menyusui tidak boleh pilih-pilih makanan. Ibu harus makan segala macam makanan dan bervariasi.

Dokter spesialis anak yang juga konsultan, Ariani Dewi Widodo menjelaskan, ibu sebaiknya tidak pilih-pilih makan.

"Tapi suka ada yang bilang juga, jangan makan yang pedas-pedas. Nanti anaknya kena diare. Itu bisa saja. Apa yang ibu makan akan berpengaruh pada ASI," ungkap Ariani usai acara "Media Lunch Anmum #MumToMum dalam Rangka Pekan ASI 2018" di Fairmont Jakarta, ditulis Kamis (9/8/2018).

Terkait makanan yang memengaruhi ASI, tidak semua anak bisa merasakan efeknya. Namun, tidak semua makanan juga yang harus dihindari ibu menyusui. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Efek asupan makanan ibu pada ASI

Mengenai efek samping asupan makanan terhadap ASI, Ariani menambahkan, ibu perlu memerhatikan bila anak bermasalah setelah diberikan ASI.

"Kalau ibu makan pedas, kemudian anak bermasalah (diare), ya baiknya setop makan pedas," beber Ariani.

Ibu yang mengonsumsi makanan laut (seafood) dan telur, yang sekiranya bisa menyebabkan anak alergi juga patut memerhatikan asupan makanannya. 

"Tidak harus dihindari (berhenti makan) secara otomatis, tapi kalau kita makan, lalu anak bermasalah harus berhenti makan itu," Ariani melanjutkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.