Menu Pendamping ASI Pertama yang Terbaik untuk Bayi

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 11 Agu 2018, 10:00 WIB
Baca Ini Sebelum Berikan Puree Buah untuk MPASI si Kecil

Liputan6.com, Jakarta Para ibu, setelah bayi berusia 6 bulan, si Kecil sudah bisa Anda siapkan memasuki masa Makanan Pendamping ASI (MPASI). Ada banyak pilihan yang bisa dibuat. Mulai dari buah, tepung beras, dan bubur.

Menu MPASI pertama yang bervariasi harus memenuhi angka kecukupan gizi, terutama mengandung karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi.

"MPASI terbaik pada umumnya bubur dan tepung beras. Di awal MPASI, ibu bisa berikan bubur dan tepung beras 1 kali sehari," kata dokter spesialis anak konsultan, Ariani Dewi Widodo usai acara "Media Lunch Anmum #MumToMum dalam Rangka Pekan ASI 2018" di Fairmont Jakarta, ditulis Jumat (10/8/2018).

Pemberian bubur dan tepung beras tahap pertama dalam tekstur encer. Hindari pemberian MPASI pertama yang langsung bertekstur kental.

 

Simak video menarik berikut ini:

2 of 2

Usus bayi beradaptasi

Pola Makan MPASI Sesuai Tahapan Usia si Kecil
Berikan MPASI pertama yang tepat untuk bayi.

Menu MPASI yang diberikan kian meningkat, baik dari tekstur dan jumlah porsi makan. Dalam beberapa minggu, bayi bisa diberi makan dua kali sehari dan encer.

"Lama-lama (bubur instan dan tepung beras) kental. Ini biar usus bayi beradaptasi dengan tekstur makanan," Ariani menambahkan.

Makanan mengandung protein hewani, vitamin, dan mineral yang juga harus diberikan. Menu MPASI pun sebaiknya kaya zat besi, zinc, dan vitamin A. Dikutip dari laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), sumber zat besi yang utama adalah daging merah dan sayuran.

Lanjutkan Membaca ↓