Sukses

Jangan Sepelekan, Ponsel Bisa Sebabkan Jerawat dan Penuaan Dini

Tanpa disadari, penggunaan ponsel juga bisa memicu jerawat dan masalah kulit berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Ponsel seolah tak terpisahkan dalam keseharian masyarakat modern. Apalagi dengan adanya ponsel pintar, seolah dunia dalam genggaman. Tapi tanpa disadari, selain memudahkan hidup, ponsel juga berpengaruh pada kesehatan, salah satunya kesehatan kulit.

Untuk kamu yang setiap hari selalu menggunakan handphone ada baiknya mengetahui hal ini agar tidak terjadi masalah yang lebih parah. Pasalnya selain jerawat, handphone bisa membuat kulit wajah menjadi rusak karena radiasi. Sebelum terlambat, ketahui masalah penyakit yang bisa disebabkan oleh handphone berikut ini.

1. Jerawat

Handphone adalah salah satu sumber berkumpulnya bakteri. Debu dan kotoran yang menempel pada handphone setiap hari dan jarangnya mencuci tangan setelah memegang handphone, akan membuat bakteri lebih mudah berpindah. Jadi jika kamu merasa banyak jerawat pada pipi, bisa saja hal itu adalah salah satu penyebabnya. Baiknya selalu sempatkan untuk membersihkan layar handphone sehari sekali ya, ladies.

2. Dermatitis

Handphone yang terbuat dari besi bisa mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kulit seperti inflamasi dan alergi. Jadi, jika kamu merasa iritasi setelah menggunakan handphone, bisa saja itu tanda alergi. 

 

Saksikan juga video berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pigmentasi

3. Pigmentasi

Menurut penelitian, sinar yang berasal dari layar handphone bisa menyebabkan noda hitam dan pigmentasi. Hal ini disebabkan karena radiasi yang bisa membuat kulit menjadi rusak dan terlihat tak terawat.

4. Penuaan dini

Apakah kamu merasa kalau kulitmu terlihat kusam dan kendur? Well, bisa saja handphone penyebabnya. Radiasi dari handphone bisa merusak kolagen yang bisa membuat kulit tidak sehat.

Nah, itulah masalah kulit yang timbul saat kamu terus menggunakan handphone dan tidak mencuci tangan setelah memegangnya. Ada baiknya jauhi handphone saat mengisi baterai ataupun saat kamu tertidur. Penting juga untuk selalu mengelap layar handphone untuk menjaga kebersihannya. Semoga bermanfaat.

Reporter: Luthfia Miranda Putri

Sumber: Vemale.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.