Kapan Waktu yang Tepat untuk Mandi Setelah Olahraga?

Oleh Giovani Dio Prasasti pada 05 Agu 2018, 16:00 WIB
Diperbarui 05 Agu 2018, 16:00 WIB
Intip 11 Rahasia Keramas yang Dapat Merusak Rambut Anda
Perbesar
Ternyata, rutinitas mandi juga dapat merusak kondisi rambut Anda, penasaran seperti apa? Simak di sini. (Foto: iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Salah satu hal yang mungkin Anda lakukan setelah berolahraga adalah mandi. Namun, membersihkan tubuh pasca berkeringat karena olahraga tidak boleh dilakukan sesaat setelah beraktivitas.

Dikutip dari Times of India pada Minggu (5/8/2018), mandi dengan air dingin setelah olahraga memang sangat menyegarkan. Hal itu juga membuat tubuh lebih rileks.

Namun, langsung mandi setelah berolahraga bisa meningkatnya risiko terkena ruam dan masalah kulit yang disebabkan meningkatnya pertumbuhan bakteri di kulit karena tubuh yang berkeringat.

Jadi, daripada Anda langsung mengguyur diri dengan air sehabis berolahraga, tunggulah beberapa saat untuk mandi.

Waktu jeda yang disarankan adalah sekitar 20 menit setelah berlatih. Hal ini penting dilakukan karena tubuh membutuhkan pendinginan setelah Anda berolahraga.

Gerakan peregangan berintensitas rendah sangatlah krusial jika Anda menginginkat tubuh kembali ke fase istirahat. Selain itu, yang terpenting, melakukan pendinginan mampu mengembalikan detak jantung dan suhu tubuh kembali ke situasi normal.

Idealnya, Anda akan berhenti mengeluarkan keringat berlebihan setelah 20 sampai 30 menit pasca berolahraga. Inilah mengapa mandi tepat dilakukan setelah jeda waktu tersebut.

Namun, jika Anda benar-benar merasa tidak bisa menunggu, gunakan waktu tersebut untuk merehidrasi tubuh. Caranya adalah dengan minum air atau jus.

Tag Terkait