Sukses

Manfaat Konsumsi Tomat, Gula Darah Stabil dan Kulit Mulus Sampai Tua

Sudah tahukah kamu apa saja manfaat mengonsumsi buah tomat? Berikut lima manfaat konsumsi buah tomat.

Liputan6.com, Jakarta Tahukah kamu bahwa satu buah tomat dapat menyediakan sekitar 40 persen minimum vitamin C harian? Selain itu, buah yang bisa dijadikan jus maupun campuran sayur sup ini mengandung vitamin A yang dapat mendukung sistem imun tubuh, penglihatan, dan kesehatan kulit.

Vitamin K, yang bagus untuk tulang, dan kalium sebagai nutrisi penting untuk fungsi jantung, kontraksi otot, menjaga tekanan darah agar tetap sehat dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, juga terdapat di tomat.

Berikut manfaat buah tomat bagi kesehatan seperti dilansir dari laman Health pada Sabtu, 4 Agustus 2018.

1. Melindungi kesehatan jantung

Tomat mengandung antioksidan yang disebut likopen. Likopen adalah zat warna merah pada buah tomat yang matang.

Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi tomat lebih efektif untuk menjaga kesehatan jantung daripada mengonsumsi suplemen yang mengandung likopen.

Penelitian lain menunjukkan bahwa kadar likopen yang lebih tinggi dalam darah meiliki risiko tingkat kematian yang lebih rendah terhadap orang-orang yang memiliki penyakit jantung, diabetes, dan stroke.

2. Meningkatkan penglihatan mata

Likopen pada tomat juga baik untuk mata. Selain likopen, tomat mengandung lutein dan betakaroten yang menurut penelitian, nutrisi tersebut memingkatkan penglihatan dan melindungi mata dari kondisi buruk termasuk katarak dan degenerasi makula.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Lain Tomat

3. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Cairan dan serat dalam tomat dapat membantu orang yang rentan terhadap konstipasi. Menurut USDA satu tomat besar mengandung 6 ons cairan, dan 1,5 gram serat. Namun, ada beberapa orang keasaman tomat yang dimasak dapat memicu asam lambung dan gangguan pencernaan.

4. Membantu menjaga gula darah

Tomat dapat menjadi makanan pelindung bagi penderita diabetes tipe 2. Dalam sebuah penelitian, pengidap diabetes yang mengkonsumsi tomat matang selama 30 hari mengalami penurunan peroksidasi lipid, kondisi dimana radikal bebas menyerang lemak yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

5. Menjaga kesehatan kulit

Kombinasi pasta tomat dan minyak zaitun dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, dan meningkatkan produksi pro kolagen yang membuat kulit tetap kuat dan awet muda. Para ilmuwan percaya bahwa lycopene pada tomat adalah kuncinya. Manfaat terbaik ketika tomat dimasak dengan minyak zaitun. Minyak zaitun dapat meningkatkan penyerapan ke aliran darah.

Penulis : Nita Utami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini