Sukses

5 Hal Tentang Jerawat yang Tak Banyak Wanita Tahu

Seberapa besar pengetahuanmu soal jerawat? Tahukah kamu bahwa ukuran jerawat pada remaja dan orang dewasa berbeda?

Liputan6.com, Jakarta Penampilan diri tentu menjadi hal utama yang akan diperhatikan oleh setiap orang, terlebih lagi wanita. Hal itu karena seseorang akan jauh merasa lebih percaya diri bila penampilannya menarik apalagi memiliki kulit yang sehat dan tak ber-jerawat.

Kehadiran jerawat pada wajah dan bagian tubuh lainnya menjadi musuh wanita selama ini. Timbulnya jerawat dapat menganggu dan merusak penampilan. Jerawat biasanya timbul karena adanya perubahan hormon. Namun, terkadang jerawat pun timbul karena gaya hidup dan rutinitas keberhisan yang salah.

Melansir dari laman steptohealth pada Sabtu, 4 Agustus 2018, berikut beberapa hal tentang jerawat menurut ahli dermatologist Mumbai, Dr Saumya Shetty Hegde.

1. Jerawat dapat memengaruhi psikologis

Ternyata bila jerawat tidak segera ditangani maka dapat menyebabkan tekanan emosional. Hal itu karena kehadiran jerawat biasanya akan menurunkan kepercayaan diri wanita.

2. Jerawat memiliki beberapa jenis

Terdapat berbagai jenis jerawat, yaitu komedo, papula, pustula dominan, nodul, abses, dan lainnya. Sehingga, dalam menangani jerawat hanya ahli yang dapat mengetahui jenis jerawat yang dialami pasien dan dapat memberikan pengobatan yang sesuai.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tentang Jerawat

3. Jerawat remaja dan dewasa berbeda

Biasanya jerawat remaja akan terletak di dekat dahi dan pipi. Hal itu karena di dahi biasanya terdapat ketombe dan pipi relatif berminyak.

Jerawat dewasa sebagian besar terdapat pada bagian bawah dagu wajah, garis rahang, dan bagian atas wajah. Hal ini mungkin terjadi karena terdapat rambut pada dagu dan sidelock. Kemungkinan lainnya karena menstruasi yang tidak teratur dan rambut rontok.

4. Menggosok wajah dapat memperburuk jerawat

Menggosok kulit Anda bisa membuat jerawat bertambah parah. Oleh karena itu, saat akan membersihkan wajah lakukanlah dengan benar dan tepat. Jangan digosok dengan terlalu keras. Bersihkanlah wajah dengan lembut dan gunakan pembersih wajah yang khsuus diformulasikan untuk jerawat.

5. Gunakanlah pelembab wajah

Melembabkan kulit dengan pelembab berbasis gel ringan yang bersifat non-komedogenik dapat mencegah pembentukan komedo. Bahkan kulit berminyak pun perlu diberi pelembab. Sebaiknya lakukan eksfoliasi kulit seminggu sekali jika Anda memiliki kulit berminyak atau berjerawat.

Penulis : Jihan Khalda Fairuz

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.