Sukses

Saat Kondom Dipakai Berkali-kali

Terlepas dari beragam alasan seperti manfaat kondom bagi kesehatan dan alasan lainnya, namun bolehkah benda ini Anda gunakan berkali-kali?

Liputan6.com, Jakarta Terlepas dari beragam alasan seperti manfaat kondom bagi kesehatan dan alasan lainnya, namun bolehkah benda ini Anda gunakan berkali-kali? Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) tidak memperbolehkannya.

"Kami mengatakan ini karena orang-orang melakukannya. Jangan mencuci atau menggunakan lagi kondom. Gunakan yang baru," kata mereka.

Di sisi lain, konsultan urologi dari rumah sakit Max, Patparganj di India, Dr Shailesh Chandra Sahay sependapat dengan ini. Secara medis penggunaan kondom berkali-kali tidak disarankan, karena tidak mampu mencegah penularan infeksi penyakit seksual.

"Setiap berhubungan perlu kondom baru. Secara medis penggunaan kembali kondom tak disarankan. Sekali kondom digunakan, bahan lateksnya rusak. Ini mungkin tak terlihat mata, namun kondom yang dipakai kembali tak berguna mencegah kehamilan dan infeksi penyakit seksual," kata dia seperti dilansir dari Indian Express.

Dr. Alyssa Dweck, seorang ahli ginekologi dan obstetri kepada BuzzFeed News juga menyatakan hal serupa.Menurut dia, bahkan mencucinya menggunakan sabun sekalipun, tak ada manfaatnya.

"Anda harus menggunakkan kondom yang sudah melalui pengujian. Jika tidak, Anda tidak bisa mengharapkan benda ini melakukan tugasnya," tutur dia.

Sebaiknya, periksa masa pakai kondom sebelum menggunakannya dan jangan pernah mencoba menggunakkannya jika masa pakainya sudah lewat.

Selain itu, simpan kondom di lingkungan yang sejuk dan jauh dari benda-benda tajam. Agar tak robek, Anda bisa mendorongnya ke sisi lain pembungkus sebelum membukanya. (Antara/ Lia Wanadriani Santosa)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.