Sukses

5 Kenangan yang Paling Diingat Anak tentang Orangtua

Di antara sekian banyak hal yang orangtua lakukan ke anak, ada beberapa hal yang jadi kenangan paling berkesan baginya.

Liputan6.com, Jakarta Banyak kenangan masa kecil yang terasa manis saat mengingatnya. Tak terkecuali mengingat aneka momen ketika bersama orangtua. Mulai dari omelan mama, humor papa yang garing, atau kado berkesan dari keduanya. 

Diantara sekian banyak hal yang orangtua lakukan ke anak, ada beberapa hal yang jadi kenangan paling berkesan baginya. Seperti dilansir laman Today.com, Rabu (1/8/2018) berikut lima hal yang anak paling ingat tentang orangtuanya.

1. Memberi kenyamanan dan keamanan

Salah satu hal yang bakal orangtua ingat ketika orangtua menjadi sosok penyelamat yang membuatnya nyaman dari aneka gangguan. Mulai dari menenangkan ketika muncul bayangan monster di bawah tempat tidur atau ketika petir menggelegar. Ucapan lembut serta tepukan halus orangtua, membuat anak begitu merasa nyaman kala ketakutan.

Namun, anak juga bakal mengingat ketika orangtua marah besar pada mereka. Memarahi anak terkadang perlu, tetapi pastikan hal itu tidak membuat anak-anak kehilangan rasa aman.

2. Perhatian penuh orangtua

Ketika Anda merelakan waktu sepenuhnya untuk anak, seperti mengadakan pesta ulang tahun, mengajaknya bermain sepeda di halaman rumah, atau bermain bola. Bagi anak, itu sebuah perhatian penuh dari orangtua.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Cara orangtua saling berinteraksi

Berusahalah untuk memiliki pernikahan yang membuat anak-anak Anda bersemangat untuk menikah suatu hari nanti. Tunjukkan pada mereka apa artinya berada dalam hubungan yang berkomitmen dan penuh cinta.

4. Kata-kata tegas orangtua

Hati seorang anak bagaikan semen basah, kesan yang dibuat di awal kehidupan mengeras seiring waktu. Peran orang tua adalah mengoreksi dan mendisiplinkan, tetapi pastikan jika Anda menegur anak-anak penuh dengan cinta, dorongan, dan penguatan positif.

5. Tradisi keluarga

Setiap keluarga memiliki kebiasaan yang berbeda-beda. Seperti kegiatan rutin liburan keluarga maupun nonton bareng film favorit keluarga. Hal-hal seperti ini yang membuat mereka rindu orangtua atau suasana rumah. 

 

Penulis: Nita Utami

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.