Sukses

Pahami 4 Alasan Anak Kerap Berperilaku Buruk

Ketika anak sering berperilaku buruk seperti marah-marah hingga mengamuk jangan langsung marahi dia. Pahami alasan Si Kecil melakukan itu.

Liputan6.com, Jakarta Menjadi orangtua perlu kesabaran dan cara tepat mendidik anak. Tantangan bakal datang bila anak berperilaku buruk seperti jadi sering marah, mengambek, mengamuk, atau menghentak-hentakkan kakinya. 

Saat anak berperilaku buruk tidak sedikit orang tua yang kehilangan kesabaran dan bertindak di luar batas. Hal itu bisa saja dikarenakan orang tua tidak mengerti apa yang sebenarnya diinginkan oleh anak.

Oleh karena itu, orang tua perlu mempelajari dan mencoba mengetahui alasan anak berperilaku buruk seperti dilansir dari laman Step to Health pada Rabu (1/8/2018).

1. Ingin mendapatkan perhatian

Salah satu alasan anak seringkali berperilaku buruk karena ingin mendapatkan perhatian dari orangtua. Coba refleksi diri, bisa jadi selama ini kerap terlalu sibuk dengan pekerjaan atau ponsel sampai membuat anak merasa tidak diperhatikan. 

2. Anak merasa diabaikan

Saat orangtua memaksakan sesuatu ke anak dan tidak mendengarkan pendapatnya bisa membuat Si Kecil merasa diabaikan. Sementara, bila membuat ulah membuat orangtua memerhatikannya.

Kebiasaan tersebut dapat mendorong anak untuk melakukan kesalahan  karena menurut mereka cara tersebut berhasil untuk mendapatkan perhatian.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Anak cemburu

3. Merasa cemburu

Biasanya anak mudah merasa cemburu saat orang tua mereka memberi perhatian pada anak lainnya, seperti saudara mereka, teman, dan lainnya. Hal itulah yang terkadang membuat anak menjadi berperilaku buruk dan membuat ulah.

4. Kontradiksi aturan

Kontradiksi aturan yang terjadi antara ayah dan ibu dapat menjadi alasan kenapa anak berperilaku buruk. Seperti halnya ibu melarang anak melakukan A namun ayah mengizinkannya. 

 

Penulis: Jihan Khalda Fairuz

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.