Sukses

Cara Menumbuhkan Kumis dengan Cepat, Alami, dan Lebat

Memiliki kumis yang tebal ternyata jadi salah satu obsesi kaum pria di masa kini. Lebatnya kumis yang tumbuh di wajah kini seakan-akan jadi sebuah ukuran kejantanan bagi kaum Adam.

Jakarta Memiliki kumis yang tebal ternyata jadi salah satu obsesi kaum pria di masa kini. Lebatnya kumis yang tumbuh di wajah kini seakan-akan jadi sebuah ukuran kejantanan bagi kaum Adam. Kumis lebat pun menjadi obsesi banyak kaum Adam di seluruh pelosok negeri.

Banyak pria mengatakan bahwa mereka ingin menumbuhkan kumis untuk beberapa alasan, seperti agar terlihat lebih tampan, dewasa, jantan, berwibawa, dan untuk alasan fashion atau modis. Beberapa ikon pria dewasa biasanya muncul dengan kumis yang membuatnya semakin terlihat maskulin. Mengidamkan kumis seperti atlet selebrita terkenal digadang-gadang menjadi alasan beberapa pria ingin menumbuhkan kumis.

Faktor genetik berperan penting dalam cara menumbuhkan kumis. Namun bukan tidak mungkin bagi Anda yang ingin menumbuhkan kumis meski faktor genetik tidak mendukung. Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami yang mudah ditemui sebagai cara menumbuhkan kumis alami tanpa mengandalkan produk kimia penumbuh kumis.

Nah, berikut deretan cara menumbuhkan kumis seperti yang dirangkum Liputan6.com pada Senin (30/7/2017) dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

Cara menumbuhkan kumis dengan minyak

Berikut cara menumbuhkan kumis dengan deretan minyak yang kandungannya dapat menyuburkan bulu-bulu Anda. Berikut ulasan cara menumbuhkan kumis dengan minyak.

1. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung nutrisi seperti vitamin A dan E. Vitamin A merangsang pertumbuhan rambut, sedangkan vitamin E akan senantiasa memelihara kesehatan rambut. Dengan kombinasi ini, maka Anda akan mempunyai kumis yang lebat dalam waktu yang singkat. Yang perlu Anda perhatikan adalah Anda harus menggunakan minyak zaitun yang benar-benar alami, tidak tercampur dengan bahan-bahan kimia. Oleskan saja minyak zaitun sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

2. Minyak Kemiri

Asam linolenic (asam lemak omega-3) yang terkandung dalam minyak kemiri dapat merangsang pertumbuhan rambut Anda. Minyak kemiri memang sudah sejak lama digunakan dan dipercaya sebagai cara untuk menghitamkan rambut, menyuburkan rambut, dan menguatkannya. Maka tentu tidak salah jika minyak kemiri dapat diaplikasikan sebagai cara menumbuhkan kumis dengan kemiri. Oleskan minyak kemiri pada kumis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

 

3 dari 12 halaman

3. Minyak Almond

Kandungan magnesium yang kaya membuat minyak almond cocok sebagai cara menumbuhkan kumis yang efektif. Magnesium berfungsi sebagai penyubur dan menjaga kesehatan rambut Anda. Oleskan minyak almond pada kumis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

4. Minyak Jarak

Minyak jarak terbukti ampuh sebagai cara menumbuhkan kumis secara alami selanjutnya. Caranya pun mudah. Oleskan minyak jarak pada kumis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa berfungsi sebagai kondisioner alami dan membantu proses pertumbuhan kembali rambut. Minyak kelapa mengandung protein yang tinggi yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Selain itu, minyak kelapa juga dapat melindungi rambut dari hal-hal yang dapat membuat rambut rusak. Dari sini maka minyak kelapa dapat Anda gunakan sebagai cara menumbuhkan kumis pula. Oleskan minyak kelapa pada kumis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

 

4 dari 12 halaman

6. Minyak Jojoba

Minyak jojoba berfungsi sebagai bahan alami untuk menjaga kelembapan rambut Anda. Minyak ini akan membentuk lapisan lilin yang tipis pada setiap helai rambut, sehingga dapat melindungi dari sinar matahari. Dengan demikian rambut pada kumis dapat tumbuh dengan alami dan cepat, dan jadi salah satu cara menumbuhkan kumis yang sehat. Oleskan minyak jojoba pada kumis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

7. Minyak Esensial Rosemary

Rosemary dipercaya untuk merangsang pertumbuhan rambut agar rambut dapat tumbuh dengan cepat. Hal ini dikarenakan minyak rosemary bertugas untuk merangsang folikel yang membuat rambut tumbuh panjang dan lebat serta mencegah kerontokan. Dengan menggunakan minyak esensial rosemary sebagai cara menumbuhkan kumis, maka kumis yang Anda inginkan dapat tumbuh dengan cepat. Oleskan minyak esensial rosemary pada kumis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

 

 

5 dari 12 halaman

8. Minyak Wijen

Sama seperti deretan minyak yang sudah kami sebutkan di atas, minyak wijen juga dapat jadi media cara menumbuhkan kumis. Pasalnya, minyak wijen merangsang pertumbuhan folikel agar rambut kumis dapat tumbuh dengan cepat dan juga minyak wijen berguna untuk melindungi kumis Anda dari paparan sinar UV. Oleskan minyak wijen pada kumis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

9. Minyak Biji Rami

Minyak rami yang mengandung omega 3 dan asam lemak linoleat bisa jadi nutrisi Anda untuk menempuh cara menumbuhkan kumis. Oleskan minyak biji rami sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

 

6 dari 12 halaman

10. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh, sesuai dengan namanya merupakan minyak yang diperoleh dari proses destilasi daun melaleuca alternifolia. Minyak pohon teh berguna untuk mengatasi kerontokan pada rambut kumis Anda sehingga cocok jadi cara untuk menumbuhkan kumis yang tebal. Oleskan minyak pohon teh pada kumis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

11. Minyak fenugreek

Anda mungkin masih asing dengan nama fenugreek. Tanaman yang berasal dari Yunani ini memang kurang populer di Indonesia. Namun meskipun tidak populer, fenugreek mempunyai banyak khasiat yang baik bagi tubuh Anda, termasuk sebagai cara menumbuhkan kumis. Pasalnya, fenugreek berguna sebagai perangsang pertumbuhan rambut Anda. Maka dari itu dengan menggunakan minyak fenugreek ini, Anda dapat memiliki kumis lebat dengan cepat. Oleskan minyak fenugreek pada kumis sebelum tidur, biarkan semalaman, lalu keesokan harinya bersihkan sembari membersihkan muka.

Ke-11 minyak di atas bisa ditempuh sebagai cara menumbuhkan kumis secara alami. Untuk hasil yang maksimal, gunakanlah minyak yang tidak tercampur dengan bahan kimia. Maksudnya minyak yang benar-benar masih alami tanpa campuran apapun agar hasil kumis tebal Anda dapat didapat dengan cepat.

 

7 dari 12 halaman

Cara Menumbuhkan Kumis secara Alami

Di deretan poin di atas sudah kami bahas soal cara menumbuhkan kumis dengan minyak. Nah, kali ini kita akan menempuh cara menumbuhkan kumis yang lebih alami, dengan bahan-bahan yang tentu juga alami. Berikut ulasannya.

1. Biji fenugreek

Biji fenugreek, sama seperti minyaknya memang sangat berkhasiat sebagai cara menumbuhkan kumis alami. Cara menumbuhkan kumis dengan biji fenugreek adalah dengan menumbuk halus biji lalu campur dengan air hingga berbentuk pasta lalu oleskan pada kumis. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas sampai bersih menggunakan air dingin.

2. Lidah buaya

Tidak perlu dipungkiri lagi khasiat lidah buaya yang memang terkenal untuk menyuburkan rambut Anda. Cara menumbuhkan kumis dengan lidah buaya pun mudah saja. Oleskan gel lidah buaya pada kumis Anda. Diamkan selama 1 jam lalu bilas dengan menggunakan air dingin sampai gel bersih dan hilang.

 

8 dari 12 halaman

3. Bawang merah

Seringkali memang bawang merah membuat mata Anda perih dan kemudian menangis. Namun nyatanya, tidak hanya sebagai bumbu dapur, bawang merah juga dapat digunakan sebagai penyubur rambut. Cara menumbuhkan kumis dengan bawang merah adalah dengan mengulek atau menumbuk atau memblender 2 siung bawang merah hingga halus kemudian oleskan ke kumis Anda. Diamkan selama 30 menit atau hingga mata Anda tidak kuat lagi menahan perih. Bersihkan sampai bersih dengan menggunakan air dingin.

4. Bawang bombay

Selain bawang merah, bawang bombay yang merupakan bumbu dapur juga dapat digunakan sebagai penyubur pertumbuhan rambut kumis Anda yang efektif dan cepat. Cara menumbuhkan kumis dengan dengan bawang bombay pun sama, yaitu dengan menghaluskan bawang merah menggunakan blender atau menguleknya hingga benar-benar halus. Lalu oleskan pada kumis. Hati-hati jangan sampai terkena mata karena akan menyebabkan rasa pedih.

 

9 dari 12 halaman

5. Kuning telur

Vitamin A, B, dan E yang terkandung dalam kuning telur akan membuat rambut kumis Anda menjadi kuat dan sehat. Cara menumbuhkan kumis dengan kuning telur yakni ambil bagian kuning telur kemudian oleskan pada kumis Anda. Diamkan selama 30 menit lalu bilas sampai bersih menggunakan air dingin.

6. Teh

Teh dapat menguatkan akar rambu kumis Anda sehingga kumis tidak mudah rontok dan dapat tumbuh lebih lebat lagi. Cara menumbuhkan kumis dengan teh adalah mendiamkan 1 gelas teh semalaman lalu oleskan dengan menggunakan cotton bud pada kumis Anda.

 

10 dari 12 halaman

7. Lemon

Jeruk yang kaya akan anti-oksidan dan vitamin C adalah lemon. Tidak hanya itu saja, dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam kulit. Cara menumbuhkan kumis dengan lemon yakni dengan mengoleskan perasan lemon pada wajah Anda. Dengan ini, kumis Anda agar segera menjadi segar dan lebat karena lemon merangsang pertumbuhan folikel rambut.

8. Jeruk nipis

Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu rambut kumis agar tidak mudah rontok dan menyuburkan. Cara menumbuhkan kumis secara alami menggunakan jeruk nipis mudah saja. Anda cukup membelah jeruk menjadi dua bagian lalu oleskan pada kumis secara merata. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

 

11 dari 12 halaman

9. Susu Sapi Segar

Banyaknya vitamin, mineral, dan nutrisi pada susu sapi segar dapat menumbuhkan kumis mata menjadi lebat. Cara menumbuhkan kumis dengan susu sapi adalah merendam 2 kapas dalam susu sapi segar kemudian kompreskan pada kumis Anda selama 30 menit.

10. Kelopak bunga sepatu

Ekstrak kelopak bunga sepatu membantu merangsang pertumbuhan rambut Anda. Cara menumbuhkan kumis dengan kelopak bunga sepatu adalah petik satu bunga, lalu ulek kelopaknya saja hingga benar-benar halus lalu oleskan pada kumis Anda. Diamkan selama 30 menit lalu bilas.

 

12 dari 12 halaman

11. Minyak kelapa dan lemon

Campuran dua hal ini akan membuat pertumbuhan rambut kumis Anda semakin cepat dan lebat. Cara menumbuhkan kumis dengan dengan minyak kelapa dan lemon adalah dengan mencampurkan 1 sdm minyak kelapa dan 1 sdm perasan lemon. Oleskan pada kumis.

12. Minyak kelapa dan kulit lemon

Tidak hanya air perasan lemonnya saja. Kulit lemon juga mengandung nutrisi yang dapat merangsang dan membersihkan folikel rambut agar pertumbuhannya tidak terganggu. Cara menumbuhkan kumis dengan minyak kelapa dan kulit jeruk lemon yakni pertama, Anda perlu mengeringkan kulit lemon di bawah sinar matahari. Lalu tumbuk hingga halus. Kemudian campurkan dengan 1 sdm minyak kelapa hingga berbentuk pasta. Oleskan pada kumis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.