Sukses

Rumus Menu Bergizi untuk Si Kecil

Jangan hanya karbohidrat, pastikan di piringnya ada lauk pauk dan sayur dengan porsi tepat.

Liputan6.com, Jakarta Asupan gizi merupakan aspek penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak. Apalagi di 1.000 hari pertama kehidupannya.

"1.000 hari pertama kehidupan, merupakan momen sangat penting untuk mengatur gizi  si kecil agar tetap seimbang. Begitu juga dengan sang ibu. Hal ini bisa menjamin kualitas hidup anak hingga dewasa" ujar Endang Achadi, Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Gizi yang seimbang bisa diperoleh dengan mengonsumsi makanan penuh gizi dan sesuai porsi. Endang pun memberikan rumus agar menu makanan untuk anak terjamin aspek gizinya.

"Secara umum, setengah piring makan terdiri dari makanan pokok yang sedikit lebih banyak dari lauk pauk. Separuhnya lagi, sayur yang banyak dan buah. Dan protein hewani agar asupan asam amino esensialnya terpenuhi," ungkap Endang.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Camilan enak yang lezat

Anak-anak suka sekali dengan makanan kecil dan garing. Cobalah menyediakan camilan yang sehat seperti keripik sayur, cracker berisi rogut ayam atau yogurt.

"Taste itu dibangun sejak kecil. Bahkan sejak dalam kandungan. Jadi, biasakan konsumsi snack sehat seperti rebusan wortel atau kacang-kacangan," kata Endang.

 

Penulis: Cynthia Amanda Male

Sumber: dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.