Sukses

Bandara Ini Sediakan Anjing Pelacak Kutu Busuk

Jika ingin menggunakan jasa anjing pelacak kutu busuk ini dikenakan biaya 105 Euro untuk tiga koper.

Jakarta Anjing memang hewan yang memiliki kemampuan melacak sangat baik. Di Bandara Internasional Frankfurt, Jerman ada anjing pelacak yang bertugas mencari parasit di koper dan tas. 

Larry Hansen juga Mathias Krekel bersama dua anjing Cora dan Buddy merupakan anggota Bed-Bugs-Team Bandara Frankfurt di Jerman. Tugas mereka memburu parasit kutu busuk (bedbugs).

Cora dan Buddy adalah anjing melacak yang mampu mengendus jejak sekecil apapun dari parasit tersebut. Kedua anjing ini telah dilatih berbulan-bulan dan harus melewati tes.

Sejak tahun ini, Cora dan Buddy boleh mencari kutu busuk di koper dari para penumpang yang baru tiba dari bepergian. Bandara terbesar keempat di Eropa ini adalah satu-satunya di dunia yang memiliki tim khusus semacam ini

Lima tim, empat pria, satu wanita dan seekor anjing, bekerja dalam formasi yang berbeda dari sekitar pukul setengah lima pagi hingga jam sepuluh malam - selama ada pesawat yang mendarat di bandara. Mereka cukup sering menemukan kutu busuk.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Biaya

Namun, tidak ada penumpang yang akan dipaksa untuk memeriksakan kopernya. Jika ingin memeriksa koper,  perlu mendaftar secara online. Untuk pemeriksaan tiga koper dikenakan biaya 105 Euro, setiap koper tambahan ada biaya ekstra 30 Euro.

"Anjing memiliki tingkat ketepatan lebih dari 90 persen," kata Hansen bangga.

Untuk itu, koper harus dalam keadaan terbuka.

"Kami tidak melihat isinya," kata Mathias Krekel.

"Hanya untuk melihat apakah anjing itu menemukan sesuatu."

Anjing menunjukkan pakaian yang terkena kutu busuk dengan moncongnya.

Setelah sekitar 20 menit, anjing pelacak Buddy butuh istirahat. Mengendus dengan konsentrasi penuh sangat melelahkan bagi anjing.

Menurut Hansen, kutu busuk tidak hanya ditemukan di penginapan seperti hostel atau di tempat-tempat eksotis. Tidak ada hubungannya dengan higienis.

"Kutu busuk butuh darah. Jadi akan mencari dimana ada manusia."

Di Swedia, biaya mengatasi kutu busuk digantikan oleh asuransi harta benda. Di Perancis, bahkan kursi-kursi bioskopnya pun diperiksa oleh anjing pelacak kutu busuk. 

Anjing pelacak kutu busuk di bandara Frankfurt hanya bertugas untuk menemukan parasit tersebut. Pembersihannya harus ditangani tim lain.

"Ada dua orang yang bertugas khusus untuk pembersihan", jelas jubir Bandara Frankfurt, Sandy Chen.

Larry Hansen menyarankan para korban kutu busuk untuk menyerahkan koper dan tas bawaan mereka kepda petugas. "Nanti akan dibersihkan dengan suhu panas atau insektisida."

Sehari kemudian bisa diambil kembali atau dikirim langsung ke rumah. 

 

Penulis: Sonja Jordans

Sumber: DW

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini