Sukses

3 Tips Agar Si Kecil Tak Takut Keramas

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan ayah dan ibu agar anak berani keramas.

 

Liputan6.com, Jakarta Bagi anak 10 tahun keramas bukanlah masalah, tapi tidak begitu dengan yang anak di bawah lima tahun. Busa sampo yang mengenai mata atau derasnya air ke wajah terkadang membuat Si Kecil takut keramas.

"Ini hal yang umum bagi balita mengalami ketakutan keramas.Jika kita tidak membuatnya makin takut, perkembangannya akan baik," kata psikolog dari Columbia University, AS, Laura Markham seperti dilansir AHA! Parenting, Minggu (29/7/2018).

Bagi balita, kehadiran air di wajah mereka seakan-akan membuat mereka akan tenggelam. Jadi, kata Laura, jangan membuatnya makin takut dengan mengatakan 'ini tidak apa-apa kok'.

"Saran saya agar anak tidak trauma keramas yakni memberikan dia kesempatan mengontrol, beri dia kesempatan untuk mengatasi ketakutan terhadap air, dan pastikan orangtua di sampingnya hadir menemani dan ia tetap aman," saran Laura.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips

Bagi ayah dan ibu yang menghadapi anak takut keramas dokter spesialis anak Meta Hanindita berbagi tips agar anak berani. Seperti dikutip buku Mommyclopedia Panduan Lengkap Merawat Batita, berikut tipsnya:

1. Pilih sampo yang 'spesial'

Libatkan anak dalam memilih sampo, sehingga dia bakal memilih yang disukai. "Anak akan menyukainya jika bisa memilih aroma yang disukainya atau kemasan dengan karakter favoritnya," kata Meta.

2. Distraksi

Ketika keramas, ayah atau ibu melakukan aneka distraksi agar anak tidak terlalu fokus. Misalnya menyanyikan lagu, bercerita, atau memberikan mainan.

3. Mengeramasi boneka

Baik anak laki-laki atau perempuan, sebagian besar memiliki boneka atau miniatur tokoh karakter. Nah, minta dia mengeramasi bonekanya sehingga tahu apa yang terjadi saat keramas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini