Sukses

Ini Pentingnya Tes Hepatitis Sebelum Menikah

Sebelum menikah, sebaiknya menjalani tes hepatitis untuk memastikan kondisi calon pengantin.

Liputan6.com, Jakarta Virus hepatitis bisa menular lewat berbagai cara, salah satunya lewat hubungan seksual. Guna mencegah penularan, Ketua Perhimpunan Penelitian Hati Indonesia, Irsan Hasan mengingatkan para calon pengantin melakukan tes hepatitis sebelum menikah.

Dengan melakukan tes hepatitis, kata Irsan, calon pasangan bakal mengetahui kondisi masing-masing. Jika hasil tes hepatitis menunjukkan salah satu satu pasangan terkena hepatitis B bisa menjalani pengobatan terlebih dahulu.

"Jika terkena hepatitis B, perlu divaksin untuk memberikan perlindungan," kata Irsan saat ditemui usai acara "Peranan Uji Diagnostik dalam Memerangi Hepatitis" di Jakarta ditulis Jumat (27/7/2018). 

Pemberian vaksin diperlukan agar pasangan tidak tertular, selain itu, jika sudah menikah, bayi yang akan dilahirkan pun tidak tertular hepatitis B.

Di Indonesia, tercatat sebagian besar kasus hepatitis B terjadi karena keturunan. Penularan lewat darah ibu saat melahirkan bayinya.

 

Penulis: Nita Utami

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.