Sukses

Wajib Tahu, 7 Penyebab Jerawat Timbul

Penyebab jerawat di bawah ini bukan tentang stres dan makanan.

Liputan6.com, Jakarta Stres, makanan dan kebersihan kulit kerap menjadi penyebab jerawat timbul. Di luar tiga hal itu, ada beberapa faktor lain yang membuat jerawat tumbuh.

Beberapa hal berikut ternyata dapat menyebabkan timbulnya jerawat di tubuh. Mengutip dari Elite Daily, Rabu (25/7/2018).

1. Paparan sinar matahari

Saat terpapar sinar matahari, kelenjar minyak (sebaceous gland) menghasilkan lebih banyak minyak dan menimbulkan jerawat. Kelenjar ini banyak terdapat di area dada dan punggung. Sehingga jerawat lebih banyak timbul di area ini.

2. Berkeringat lebih dari biasanya

Dalam kondisi panas, tubuh akan lebih banyak menghasilkan keringat. Bila kebersihan kulit dan pakaian tidak dijaga, bakteri akan tumbuh dalam jumlah banyak.  Jerawat jadi lebih mudah timbul pada tubuh.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Pakaian lembap usai berolahraga

Saat Anda berolahraga pakaian akan basah karena keringat. Pakaian yang lembab dapat menjadi tempat tumbuhnya bakteri. Segeralah mengganti pakaian Anda setelah berolahraga, karena jika tidak kondisi tersebut dapat memicu peradangan kulit dan menimbulkan jerawat.

4. Penggunaan losion

Menggunakan losion dan tabir surya dapat menyumbat pori-pori kulit. Pertimbangkan jenis losion dan tabir surya yang akan Anda gunakan terutama di musim panas untuk mencegah timbulnya jerawat.

5. Parfum

Menyemprotkan parfum langsung pada tubuh seperti di area leher dan dada ternyata dapat menimbulkan jerawat. Jadi, jangan terlalu sering menyemprotkan langsung pada tubuh untuk mencegah timbulnya jerawat.

6. Concealer

Menutupi jerawat dengan alas bedak atau concealer mungkin hanya akan memperburuk kondisi jerawat. Cobalah untuk lebih menjaga kebersihan kulit daripada harus menutupinya. Jika ingin menggunakan make-up pastikan peralatan yang Anda gunakan bersih untuk mencegah timbulnya jerawat.

7. Detergen

Detergen mengandung pewangi, saat menempel dengan kulit bisa mengiritasi, apalgi bagi pemiliki kulit sensitif.

Penulis: Nita Utami

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.