Sukses

7 Cara Ampuh Kendalikan Diri dari Makanan Manis

Mulai dari minum banyak air hingga mandi air hangat ini cara berhenti mengonsumsi makanan manis.

Liputan6.com, Jakarta Hampir semua orang menyukai makanan manis, dari anak-anak sampai orang tua. Namun, Anda pasti tahu kan bahwa mengonsumsi makanan manis bisa berdampak buruk bagi kesehatan.

Lalu, bagaimana  cara mengendalikan diri untuk mengkonsumsi makanan manis? Beberapa tips berikut mungkin dapat Anda coba untuk mengendalikan diri dari makanan manis. Seperti dilansir dari laman Boldsky, Rabu (25/7/2018).

1. Minum banyak air

Salah satu penyebab Anda ingin mengonsumsi makan manis adalah tubuh mengalami dehidrasi berat.

Jadi, ketika muncul keinginan mengonsumsi makanan manis, minum dua gelas air terlebih dahulu. Hal ini akan membantu mengurangi kainginan Anda mamakan makanan manis karena Anda merasa kenyak sejenak. Bahkan jika Anda setelah ini makan-makanan manis jumlahnya pun akan lebih rendah.

2. Mengganti dengan buah

Cobalah untuk memilih makan buah saat sedang ingin mengunyah makanan manis. Rasa manis pada buah dapat menggantikan rasa manis dari makanan yang tidak sehat.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Mandi air hangat

Terdengar anah memang, jika air hangat ternyata mampu mengedalikan diri untuk memakan makan manis. Mandilah segera dengan air hangat selama 15-20 menit, itu akan membuat tubuh Anda lebih rileks dan tidak ingin makanan manis lagi.

4. Berjalan keluar

Keinginan mengunyah makan manis bisa terjadi saat Anda dalam kondisi bosan. Cobalah untuk keluar dan meilihat pemandangan sekitar, ini akan mengalihkan fokus diri Anda dari keinginan memakan makanan manis.

5. Makan secara teratur

Jika Anda sering melewati waktu makan, cenderung ingin mengonsumsi makanan manis. Hal ini terjadi karena tubuh kekurangan energi dan mendorongan untuk memakan sesuatu yang manis agar tubuh kembali normal.

 

3 dari 3 halaman

6. Tidur cukup

Kekurangan tidur dapat menyebabkan keseimbangan hormaon terganggu. Secara alami tubuh akan berusaha menebusnya dengan keinginan memakan makanan manis. Jadi, jika tubuh Anda beristiahat dengan cukup, Anda tidak akan mendambakan makanan manis.

7. Kombinasikan makanan manis dengan yang lain

Menggabungkan makanan manis dengan yang lain dapat mengandalikan diri dari keinginan makanan makan manis. Misal, saat Anda makan cokelat cobalah untuk menyediakan buah pisang. Sehingga Anda tidak perlu terlalu banyak makan cokelat.

 

Penulis: Nita Utami

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.