Sukses

Lakukan 8 Hal Ini untuk Perbaiki Suasana Hati

Badmood atau suasana hati buruk bisa melanda siapa saja. Agar hari Anda kembali cerah, coba jalani delapan hal ini.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang tentu memiliki berbagai masalah dalam kehidupan. Terkadang, masalah pun datang saat kondisi dan pikiran sedang tidak baik. Hal itulah yang biasanya membuat seseorang menjadi badmood atau suasana hati buruk.

Saat suasana hati buruk, biasanya seseorang dapat menjadi sangat menyebalkan di lingkungannya. Mulai dari ekspresi wajah yang muram seharian dan marah-marah tanpa alasan. Mungkin saja hal itu terjadi diluar kendali atau mungkin karena diri sendiri tidak bisa mengendalikan.

Oleh karena itu, sebaiknya lakukan beberapa hal ini saat Anda sedang badmood seperti dilansir pada laman steptohealth, Rabu (25/7/2018).

1. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Setiap orang tentu membutuhkan waktu dan momen personal untuk dirinya. Hal itu bertujuan untuk menenangkan pikiran sebagai bentuk meditasi tanpa ada orang lain yang mengganggu.

Lakukan berbagai hal positif dan menyenangkan saat sendiri dapat mengembalikan mood menjadi lebih baik.

2. Peka terhadap hal yang dapat mengganggu

Sangat penting untuk mengetahui hal atau momen seperti apa yang dapat membuat diri Anda menjadi badmood. Sehingga, dapat menghindari hal atau momen tersebut untuk menjaga suasana hati tetap baik.

Oleh karena itu, untuk menghindari bertemu dengan momen tak terduga yang dapat membuat mood menjadi jelek, sebaiknya lakukanlah berbagai aktivitas menyenangkan, seperti menari, olahraga, menditasi, dan mendengarkan musik.

3. Bersyukur

Penting untuk belajar bersyukur dan menemukan kebahagiaan dalam hal-hal kecil. Selain itu, mengubah perspektif Anda tentang kehidupan dapat meningkatkan suasana hati Anda.

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Optimis

 

Umumnya, orang-orang badmood akan merasa frustrasi atau putus asa karena mereka tidak cukup optimis untuk situasi mereka dalam kehidupan. Sebaiknya ubahlah perspektif tersebut karena secara signifikan dapat membantu Anda menikmati hidup.

5. Kontrol diri

Saat seseorang sedang badmood biasanya mereka susah untuk mengendalikan diri dan tergerak untuk marah dan melakukan hal merugikan lainnya yang tidak beralasan. Oleh karena itu, cobalah untuk mengontrol dorongan amarah tersebut.

6. Bersikap baik

Bersikap tenang dan ramah sepanjang hari dapat membantu meningkatkan aktivitas dan hubungan dengan orang-orang di sekitar. Lakukanlah hal baik secara konsisten akan mengubahnya menjadi rutinitas dan mencegah jatuh ke dalam kesulitan.

 

 

3 dari 3 halaman

7. Memaafkan

 

Belajarlah untuk menerima hal yang tidak sesuai dengan kehendak hati dan memaafkan. Hal tersebut dapat memperbaiki suasana hati Anda karena berdamai dengan lingkungan dan diri Anda.

8. Menjaga diri sendiri

Setiap orang perlu untuk mengenal diri sendiri dengan lebih baik. Hal itu dapat dilakukan dengan memulai menjaga diri Anda sendiri. Cara ini dapat mencegah perasaan negatif yang masuk ke pikiran dan membuat Anda merasa lebih sehat dan bahagia.

(Penulis: Jihan Khalda Fairuz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.