Sukses

5 Permasalahan Kaki pada Wanita dan Cara Mengatasinya

Wanita seringkali mengalami sakit pada kaki yang disebabkan oleh berbagai permasalahan, termasuk penggunaan sepatu.

Liputan6.com, Jakarta Wanita seringkali mengalami sakit pada kaki yang disebabkan oleh berbagai permasalahan. Seiring bertambahnya usia, kesehatan kaki akan semakin menurun karena daya tumpu kaki semakin berkurang.

Dilansir dari laman Prevention, Selasa (24/7/2018) menurut survei terbaru yang dilakukan American Orthopaedic Foot and Ankle Society (AOFAS), wanita sembilan kali lebih mungkin terkena masalah kaki daripada pria. Ini bisa jadi karena sembilan dari sepuluh wanita menggunakan sepatu terlalu kecil, terlebih pada wanita pecinta hak tinggi.

Berikut lima permasalahan kesehatan kaki yang sering dialami wanita:

1. Plantar fasciitis

Ini adalah masalah paling umum. Plantar fasciitis adalah peradangan yang menyebabkan bengkak pada kaki dan mengakibatkan nyeri tumit. Di bagian telapak kaki terdapat jaringan yang disebut facia. Peradangan Terjadi karena terlalu banyak tekanan pada kaki.

Cara mengatasinya dengan memijat. Memijat dapat membantu meredakan peradangan dan mendorong suplai darah beroksigen ke kaki.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Bunion dan hammertoes

Ini adalah kondisi jari mengecil akibat memakai sepatu terlalu ketat. Gesekan sepatu dapat menyebabkan peradangan dan pembengkakan. Jika terus terjadi, posisi jari akan menempel dengan jari lain.

Cara mengatasinya usahakan mengunakan sepatu yang lebih luas, sehingga sepatu tidak terlalu banyak memberi tekanan pada jari.

3. Calluses (kapalan)

Calluses adalah penebalan pada area kulit. Sebenarnya ini adalah reaksi tubuh untuk melindungi kulit yang sensitif. Meski tidak terasa sakit, hampir semua orang mempermasalahkan penebalan kulit tersebut.

Cara mengatasinya rendam kaki dengan air hangat lalu gunakan lotian sebagai pelembab karena dapat membantu melembutkan kulit.

3 dari 3 halaman

4. Tendonitis Achilles

Tendon achilles adalah otot yang menghubungkan betis dengan tumit. Otot ini dapat mengalami peradangan. Perdangan kemungkinan besar akan terjadi pada mereka atlet lari dan wanita yang menggunakan hak tinggi.

Cara mengatasinya yaitu dengan menggunakan menggunakan anti-inflamasi non-steroid (seperti Motrin atau Advil) untuk meredakan peradangan.

5. Neuroma Morton

Kondisi yang menyebabkan rasa sakit pada bola kaki. Rasa nyeri akan semakin parah jika kaki terkena permukaan yang keras. Kondisi ini sering di alamai oleh pelajiri, pemain tenis, atau pengguna hak tinggi.

Cara mengatasinya dengan menggunakan sepatu yang sedikit tebal sehingga dapat melindungi bola kaki Anda.

Penulis: Nita Utami

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.