Sukses

Bahayanya jika Bawang Putih Bersentuhan Langsung dengan Kulit

Sebaiknya tidak sembarangan menggunakan bawang putih untuk mengobati luka.

Liputan6.com, Jakarta Seorang wanita di Inggris mencoba mengobati infeksi jamur yang dideritanya menggunakan bawang putih. Berharap kesembuhan yang didapat, ia malah mengalami kaki melepuh.

Dilansir dari laman Livescience, Senin (23/7/2018), bawang putih memang dikenal dari ribuan tahun lalu sebagai perawatan kesehatan. Tidak heran jika wanita berumur 40 tahun tersebut mencoba menggunakan bawang putih mentah untuk mengobati infeksi jamurnya di bagian kulit dan kuku kaki sebelah kiri.

Wanita tersebut memotong bawang putih mentah yang kemudian meletakan irisan bawang ke kakinya hingga empat jam sehari selama empat minggu. Tindakan tersebut ternyata tidak berhasil, kaki wanita tersebut masih memiliki infeksi jamur, kulit kakinya memerah, dan melepuh, jelas dokter yang merawat wanita tersebut yang seorang ahli bedah plastik di Universitas Oxford, National Health Service Foundation Trust, Dr. Kai Wong.

Apa yang dialami wanita itu ternyata disebabkan oleh senyawa sulfur yang terkandung dalam bawang putih. Senyawa tersebut dapat membakar dan mengiritasi kulit. Ini juga yang dapat menyebabkan dermatitis kontak alergi, yang kemudian menimbulkan lebih banyak ruam atau eksim.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akibat Mengobati Luka Pakai Bawang Putih

Tingkat keparahan luka bakar yang disebabkan bawang putih tergantung dari jumlah dan lama waktu yang digunakan, termasuk juga sensitifitas kulit, menurut Dr. Lisa Maier, profesor klinis dermatology di University of Washington School of Medicine

Secara umum, untuk mengobati infeksi jamur dapat menggunakan terbinafine dan clotrimazole atau dengan anti jamur oral yang diresepkan oleh dokter.

Penulis : Nita Utami

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini