Sukses

Ini Alasan Wanita Jadi Mudah Lapar Saat Haid

Sebagian wanita mengaku merasa gampang lapar saat haid dibandingkan hari-hari lainnya. Kenapa ya?

Liputan6.com, Jakarta Saat haid datang sebagian wanita merasa cepat lapar. Baru satu jam lalu sudah makan, kini sudah ingin mengunyah makanan lagi.

Seperti dilansir laman Boldsky, Senin (23/7/2018), rasa lapar yang dialami wanita saat haid itu wajar. Penyebabnya ternyata fluktuasi hormon estrogen dan progesteron yang naik turun tepat sebelum masa haid. Lalu, sebelum menstruasi datang, tubuh akan membakar kalori 15 persen lebih banyak. Hal tersebut membuat wanita jadi mudah merasa lapar.

Nah, berikut yang bisa dilakukan ketika Anda cepat lapar di saat haid tanpa takut gemuk.

1. Bersikap baik pada diri sendiri

Saat Anda merasa lapar, murung dan menginginkan makanan tertentu, turuti apa keinginan Anda. Itu akan membuat Anda merasa lebih baik dan bahagia. Namun, tentu saja batasi ya jumlahnya.

2. Jangan bandingkan diri sendiri dengan orang lain

Tidak perlu membandingkan diri sendiri dengan berat badan, rasa sakit atau kram yang dialami orang lain saat haid. 

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalan kaki atau olahraga ringan lain

3. Lakukan olahraga ringan

Jika Anda mengalami kelelahan dan kram saat haid coba lakukan latihan ringan seperti yoga atau berjalan. Selain itu, pilih makanan yang bisa membantu Anda merasa lebih baik dan sehat tentunya. Buah-buahan dan sayuran juga sepotong cokelat juga akan membantu Anda merasa lebih tenang.

4. Pilih camilan sehat

Saat haid atau hari-hari biasa, pilih camilan yang sehat tanpa bikin kembung. Pilih makanan seperti kacang kering seperti almond atau me dengan menaburkan sedikit garam dapat menjadi alternatif. Anda juga bisa mengunyah permen karet atau minum segelas air hangat.

 

(Penulis: Nita Utami)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.