Sukses

Sehatkah Meniru Sarapan ala Orang Kaya di Sinetron?

Pernah melihat orang kaya di sinetron beradegan sarapan? Coba perhatikan baik-baik yang tersaji di atas mejanya. Bila itu diterapkan di kehidupan sehari-hari, seberapa besar manfaatnya untuk kita?

Liputan6.com, Jakarta Penikmat sinetron di Indonesia tentu tidak asing lagi dengan menu sarapan sang karakter kaya raya. Selalu ada roti dengan dua jenis minuman: susu dan jus jeruk.

Sebenarnya, pola makan yang seperti itu benar-benar ada di kehidupan nyata atau hanya di sinetron saja? Ketika sarapan, mana yang lebih dianjurkan, minum jus jeruk atau minum susu?

Menurut Pakar di Bidang Gizi Olahraga dan Kebugaran, Mochammad Rizal, yang tampak di sinetron itu sebenarnya adalah secuil gambaran dari slogan empat sehat lima sempurna yang selama ini didengungkan. Yang mana segelas susu, dianggap sebagai makanan penyempurna saat sarapan.

"Susu mengandung banyak zat gizi seperti karbohidrat, lemak, protein, kalsium, dan vitamin D," kata Rizal.

"Akan tetapi saat ini, susu sudah tidak dianggap sebagai makanan sempurna atau penyempurna karena zat gizinya juga bisa didapatkan dari sumber makanan yang lain," ujarnya menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minum Jus Jeruk Saat Sarapan

Sementara jus jeruk, yang kebanyakan 'orang kaya' lebih memilih beli yang kemasan, mengandung gula dan sedikit vitamin C. Sehingga kalau sarapan hanya minum jus jeruk saja, tentu saja kebutuhan zat gizi tidak terpenuhi.

"Itu mengapa kita perlu sarapan dengan menu yang lengkap," katanya.

Di sisi lain, lanjutnya, meskipun susu memiliki zat gizi yang lebih lengkap ketimbang jus jeruk, tapi mengonsumsinya saat sarapan bukan merupakan sebuah kewajiban.

"Tentunya, susu dan air jeruk dapat digunakan sebagai pilihan pelengkap menu makan utama, bukan sebagai menu utama saat sarapan," katanya menekankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.