Sukses

Berapa Batas Maksimal Makan Sushi dalam Seminggu?

Meskipun dibuat dengan bahan-bahan yang sehat, seperti ikan, kita tetap perlu membatasi jumlah sushi untuk dimakan.

Liputan6.com, Jakarta Jenis makanan jepang seperti udon, takoyaki, dan sushi banyak digemari oleh berbagai kalangan. Salah satunya yang paling digemari adalah sushi.

Sushi yang gurih dan nikmat serta disajikan dengan bumbu lainnya menambah kekuatan rasa dari salah satu jenis makanan jepang ini. Sushi terbuat dari berbagai bahan makanan sehat, seperti ikan, rumput laut, sayuran, dan lainnya.

Meskipun dibuat dengan bahan-bahan yang sehat, seperti ikan, kita tetap perlu membatasi jumlah sushi untuk dimakan.

Melansir dari laman Womenshealthsa.co.za, Jumat (20/7/2018), hal itu dikarenakan ikan biasanya memiliki kandungan merkuri. Terlebih lagi ikan besar yang memakan ikan kecil, seperti tuna dan mackerel, biasanya memiliki kandungan merkuri yang lebih tinggi dari ikan lainnya.

"Semakin tinggi ikan tersebut pada satu rantai makanan, semakin besar kemungkinan ada kandungan merkuri yang tidak meninggalkan tubuh ikan saat mencernanya," kata Co-Founder Being Healthfull, Claire Martin.

Seperti yang kita ketahui, keracunan merkuri dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, keterlambatan perkembangan, kerusakan otak, dan bahkan kegagalan organ.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ibu Hamil Harus Hati-Hati

Sementara itu, disarankan untuk memesan sushi dengan bahan ikan mentah yang rendah merkuri, seperti salmon, kepiting, udang, dan belut. Hal itu bertujuan untuk menyeimbangi nutrisi dan mengurangi asupan merkuri pada tubuh Anda.

Orang dewasa sehat dapat mengonsumsi dua hingga tiga (10 hingga 15 buah) sushi roll per minggu. Sedangkan untuk wanita hamil atau menyusui disarankan untuk tidak memakan sushi dengan bahan ikan mentah, tetapi memiliki sushi yang berisikan sayuran dan makanan laut rendah merkuri yang matang. Hal itu bertujuan untuk menghindari risiko keracunan merkuri dan penyakit bawaan makanan yang dapat memengaruhi sang Ibu dan si Kecil.

“Intinya, konsumsi ikan secara keseluruhan harus 340 gram per minggu untuk orang dewasa yang sehat. Sedangkan untuk wanita hamil dan anak-anak disarankan 170 hingga 226 gram per minggu,” kata Boules.

Penulis: Jihan Khalda Fairuz

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.