Sukses

Bukan ASI, Ibu di Gorontalo Beri Bayi Madu dan Gula

Efek dari budaya setempat, ibu di daerah Gorontalo tidak memberikan ASI pada bayi mereka, tapi menggantinya dengan madu dan gula.

Liputan6.com, Jakarta Air Susu Ibu (ASI) sangat penting bagi perkembangan bayi baru lahir. ASI memberi manfaat kekebalan tubuh sehingga si kecil tidak mudah terserang penyakit.

Dengan ASI, berat badan bayi pun ideal dan tidak stunting. Namun, sebagian masyarakat Gorontalo rupanya tidak memberikan ASI pada bayinya. Para ibu memberi madu dan gula pada bayinya.

Hal tersebut menurut laporan dari tim Nusantara Sehat, yang bertugas di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo. Tim Nusantara sehat terdiri atas dokter dan perawat yang bertugas melayani kesehatan di daerah dan tersebar di seluruh Indonesia.

Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek ke Gorontalo pun menanggapi permasalahan itu.

"Ada gap ketidakpahaman masyarakat tentang kesehatan. Dari paparan tim Nusantara Sehat, masyarakat di sini tidak memberikan ASI. Karena budaya masyarakatnya di sini berbeda, mereka beri madu dan gula pada bayinya," jelas Menkes Nila saat berkunjung ke Saung Germas di Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo.

Setelah dijelaskan manfaat ASI, masyarakat baru menerima keuntungan menyusui bayi sendiri, ditulis Kamis (19/7/2018).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perhatikan kebutuhan gizi anak

Menkes Nila menambahkan, orangtua perlu memerhatikan kebutuhan gizi anak.

"Jangan menunggu anak sampai stunting (kekurangan gizi kronis). Kalau sudah lewat dari 5 tahun susah dipulihkan," Menkes Nila menambahkan.

Bagi perempuan yang mengalami anemia (kurang darah) dan ingin hamil, perlu minum obat penambah darah. Obat penambah darah demi mendukung pertumbuhan janin di dalam rahim.

"Saat hamil ya jangan kurang gizi. Karena janin itu berada 270 hari di dalam kandungan," lanjut Menkes Nila.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.