Sukses

Jangan Panik, Ikuti 4 Langkah Ini Saat Anak Demam

berikut langkah awal yang dapat dilakukan saat anak demam.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkan Anda sebagai orangtua mengalami kepanikan saat anak mendadak panas? Tidak apa-apa kok. Itu hal yang wajar. Namun, alangkah baiknya Anda pastikan dengan suhu anak dengan termometer.

Ingat, kala suhu tubuh anak di atas 38 derajat celcius, sudah saatnya Anda segera membawa anak-anak ke dokter. Namun bila tidak demam tinggi Anda bisa merawatnya di rumah.

Dilansir Liputan6.com, Selasa (7/11) berikut langkah awal yang dapat dilakukan saat anak demam.

Kompres air hangat

Langkah pertama saat anak demam ialah Anda bisa mengompresnya dengan air hangat. Pakailah handuk kecil dan lembut untuk mengompres pada bagian tubuh seperti dahi atai ketiak. Dengan cara itu dinilai panas tubuh bisa keluar dari sela-sela atau pori-pori kulit. Anda bisa mengompres anak kurang lebih 10 – 15 menit.

Selain itu, Anda bisa gunakan plester untuk menurunkan panas. Kini, sudah banyak yang menjual plester tersebut.

Beri lebih air minum

Saat demam, kondisi tubuh anak mengalami kekurangan cairan karena berkeringat. Alhasil, bisa dehidrasi. Penuhi cairan tubuh anak saat demam menjadi solusi pertama.

Anda bisa berikan air putih atau jus buah hal itu bisa mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat demam.

Pakaian yang nyaman

Selain memberikan air minum agar tak dehidrasi, Anda perlu pula menganti pakaian anak dengan yang nyaman. Ingat, jangan gunakan pakaian tebal atau selimut.

Jangan tutupi tubuhnya dengan pakaian tebal maupun selimut. Pastikan juga suhu kamar normal, tidak panas maupun terlalu dingin.

Cek suhu tubuh

Seperti yang dijelaskan di atas, hal pertama yang perlu dilakukan saat anak demam ialah mengeceknya dengan memegang dahi atau leher anak. Agar lebih akurat, Anda bisa mengecek suhu tubuh dengan termometer. 

Yap, termometer menjadi alat yang penting saat anak demam. Setidaknya, sediakan satu alat di dalam rumah untuk berjaga-jaga.

Kalau pun tidak punya Anda bisa membelinya di apotek dan mini market terdekat. Atau Anda bisa beli pengukur suhu badan di situs jual beli online. Tokopedia misalnya.

Yap, mal online terpercaya tersebut memiliki beragam merek termometer dan obat darurat lainnya ada di Tokopedia. Anda cukup mencari dengan smartphone dan pilih termometer yang Anda inginkan. Mudah bukan?

 

 

(ADV)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini