Sukses

Rice Bowl Lagi Tren, Seberapa Sehat untuk Kita?

Perhatikan asupan gizi di balik semangkuk rice bowl

Liputan6.com, Jakarta Rice bowl sering ditawarkan pelayan setiap kali kita makan di mal atau restoran. Dari gambar yang biasa terpajang di dinding restoran, semangkuk rice bowl berisi sumber makanan yang kita butuhkan. Ada nasi putih, sayur, dan lauk atau karbohidrat, protein, dan mineral.

Namun, ketika menu tersebut tersaji di meja makan kita, penampakannya tak semenarik yang dibayangkan. Tak jarang hanya berisi nasi putih dan lauk saja.

"Kenyataannya, rice bowl tidak secantik itu. Sudah banyak butter, salted egg, habis itu digoreng," kata Head of Health Committee Nutrifood, Moch Aldis Ruslialdi belum lama ini.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harus Perbanyak Makan Sayur

Dari segi nutrisi, sebaiknya mempertimbangkan pedoman gizi seimbang. Harus diingat bahwa setiap kali makan, buatlah porsi makan seimbang. Dan rice bowl tidak memenuhi kaidah tersebut.

Menurut Aldis, yang dikatakan seimbang jika,"Karbohidratnya seperempat, sayurnya seperempat, dan setengahnya lagi lauk. Rice bowl melulu setiap hari tidak akan tercapai gizi seimbang itu."

Kalau pun ada rice bowl yang ditambahkan sayuran seperti beberapa potong mentimun dan tomat, itu pun dirasa tidak cukup memenuhi komposisi gizi seimbang. Kecuali, jika sesudah itu ditambah makan salad.

"Makan saladnya juga tidak boleh berlebihan. Tidak boleh banyak mayonaise. Harus banyak sayurnya," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini