Sukses

Jangan Biarkan Gigi Berlubang Makin Dalam

Saat lubang gigi baru terbentuk, Anda harus sesegera mungkin memeriksakan ke dokter gigi.

Liputan6.com, Jakarta Ketika gigi berlubang rasanya seperti mendapatkan mimpi buruk. Apalagi jika sampai membuat gigi ngilu. 

Tak cuma itu, gigi berlubang juga bisa membuat sistem imunitas tubuh berkurang. Hal ini terjadi karena bakteri masuk melalaui lubang gigi. 

Ketika gigi baru berlubang, Anda harus sesegera mungkin mendatangi dokter gigi seperti disampaikan dokter gigi asal Amerika Serikat, Valerie Martins.

Dokter akan memeriksa seberapa besar lubang yang terbentuk. Selama lubang masih di lapisan terluar, gigi dapat dipulihkan dengan menambal lubang tersebut. Hal itu perlu dilakukan sebelum lubang makin dalam dan lebar. 

Sayangnya, tidak semua orang menyadari gigi berlubang. Itu sebabnya dokter gigi berulang kali mengingatkan untuk memeriksakan kondisi kesehatan gigi dan mulut secara rutin enam bulan sekali. 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga kebersihan gigi dan mulut

Untuk mencegah gigi berlubang, bisa dilakukan dengan menjaga kebersihan gigi dan mulut. Yakni dengan menggosok gigi menggunakan pasta gigi mengandung flouride di pagi sesudah makan dan malam sebelum tidur. Menggosok gigi dengan fluoride untuk mencegah pertumbuhan lubang lebih lanjut.

Satu lagi, setiap hari membersihkan sela-sela gigi menggunakan dental flossing. 

(Penulis: Nita Utami)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.