Sukses

Mengembalikan Semangat Anak untuk Kembali Sekolah

Sudah dua hari ini anak-anak masuk sekolah tahun ajaran baru. Agar anak tak mogok, coba lakukan ini.

Liputan6.com, Jakarta Membangun rutinitas sekolah lagi setelah libur panjang mungkin terasa sulit untuk anak yang masih duduk di taman kanak-kanak. Terutama anak yang jam tidurnya berubah, tidur agak malam dan bangun agak siang.

Pastikan anak tidur dengan cukup. Pasalnya saat masih mengantuk lalu dimandikan dan ke sekolah, si Kecil bisa mogok dan mengamuk.

Ajak anak banyak bermain di luar rumah sehari sebelum masuk sekolah. Biarkan ia main sepeda, bola atau berlarian. Hal ini agar menguras tenaganya, sehingga ia lelah dan tidur lebih cepat.

Saat bangun keesokan harinya tubuhnya pun jadi lebih segar. Anak jadi lebih siap secara fisik dan psikologis dengan rutinitas baru.

Ceritakan juga padanya kalau di sekolah akan kembali bertemu teman-teman baru dan guru-guru yang baik hati. Biasanya anak akan sedikit gugup atau takut, terutama jika berada di lingkungan yang baru.

"Menceritakan kondisi sekolah bisa membantu anak mengurangi rasa gugupnya. Jawablah pertanyaannya, jika ia penasaran. Pastikan memberi jawabannya yang menenangkannya," ujar Williams.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Anak Semangat Pergi ke Sekolah

Untuk membuat anak bersemangat kembali ke sekolah adalah mengajaknya menyiapkan perlengkapan. Hal ini akan mengingatkannya kembali keseruan di sekolah.

"Botol minum, tempat makan, tas, kaus kaki, serta perlengkapan sekolah lain, biarkan si kecil yang memilihnya. Bisa juga mengajaknya membeli perlengkapan baru yang disukainya," ujar Rachel Williams, seorang psikolog anak.

Saat di sekolah dan ia tak menangis atau rewel, jangan lupa berikan pujian. Hal tersebut biasanya akan membuat anak jadi lebih percaya diri.

Penulis : Mutia/ Dream.co.id

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.